Sukses

iPhone X Bertenaga Surya untuk Elon Musk Dibanderol Rp 67 Jutaan

Produsen perangkat mewah asal Rusia, Caviar, menghadirkan iPhone X mewah yang salah satunya untuk bos Tesla Elon Musk.

Liputan6.com, Jakarta - Produsen perangkat mewah asal Rusia, Caviar, menghadirkan iPhone X mewah yang untuk pada bos Tesla Elon Musk.

iPhone X yang ditawarkan untuk pria yang juga bos roket SpaceX ini tentunya bukanlah iPhone X biasa.

Buktinya, iPhone X ini dibanderol dengan harga USD 4.500 atau setara Rp 63,2 jutaan. Mengutip laporan Apple Insider, Kamis (17/5/2018), iPhone ini diberi nama iPhone X Tesla. Perangkat ini pertama kali diumumkan November tahun 2017.

iPhone X Tesla merupakan smartphone pertama yang didukung tenaga surya yang dibesut Caviar. Pada bodi belakangnya terdapat panel surya dengan ukuran besar untuk menyalurkan daya ke baterai.

Kemudian, tenaga surya bisa digunakan untuk mengisi baterai iPhone X dengan cara menekan tombol daya di bagian belakang.

Alih-alih menghadirkan dan menjual casing dengan dukungan panel surya sendiri, Tesla tampaknya lebih tertarik untuk menambahkannya langsung pada iPhone X.

Berkat panel surya itu pula, iPhone X menjadi jauh lebih tebal dari aslinya. Menurut laporan Apple Insider, ketebalan iPhone X asli adalah 7,7mm berubah menjadi 16,2mm. Sementara, benjolan kamera pada iPhone X pun tampak hilang lantaran panel surya milik Tesla itu.

Adapun serat karbon yang mengelilingi panel surya bisa tahan terhadap guncangan karena diapit tombol anodized dengan elemen dekoratif yang disepuh di bagian belakang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dihadiahkan untuk Elon Musk

Meski hadir dengan panel surya, iPhone X tersebut masih dibekali sertifikat IP67 sehingga tahan cipratan air dan debu.

Menurut rencana awal, hanya ada 99 unit iPhone X yang akan diubah menjadi iPhone X Tesla. Namun karena ada peningkatan jumlah permintaan saat dibuka pre-order, diputuskan jumlah totalnya menjadi 999 unit iPhone X Tesla ini.

Unit pertama iPhone X Tesla yang didukung tenaga surya ini ditujukan untuk Elon Musk dengan ukiran tangan bertuliskan "Made on Earth by Humans" pada casing-nya.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada mobil Tesla yang diluncurkan ke luar angkasa oleh SpaceX, perusahaan Musk lainnya.

3 dari 3 halaman

Paling Mahal Rp 67 Juta

Caviar menjelaskan, dalam menghadirkan iPhone X Tesla, mereka terinspirasi oleh tiga tokoh, yakni Nikola Tesla, pendiri Apple Steve Jobs, dan Elon Musk.

Sekadar informasi perangkat ini hadir dalam dua varian, yakni iPhone X Tesla dengan memori 64GB seharga USD 4.555 (setara Rp 64 juta.

Sementara varian lainnya adalah memori internal 256GB seharga USD 4.805 (setara Rp 67,5 jutaan).

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.