Sukses

Awal Ramadan, #Puasa Jadi Topik Terpopuler di Twitter

Awal Ramadan 2018, #puasa menduduki peringkat pertama di Indonesia trends di Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Umat muslim tengah bersukacita menyambut awal Ramadan pada hari ini, Kamis (17/5/2018). Semangat Ramadan ini juga terlihat di ranah maya dengan banyaknya twit tentang hal tersebut di Twitter.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Kamis (17/5/2018), #puasa menduduki pertingkat pertama di Indonesia trends. Banyak pengguna menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa dan harapan agar bisa menjalankan Ramadan dengan baik.

Saat berita ini ditulis, #sahur dan #fasting juga berada di daftar Indonesia trends.

Berikut beberapa kicauan pengguna Twitter dengan tagar #puasa:

"Jadikan #puasa kesempatan maksimal untuk menghapus dosa masa lalu," tulis @SanggaKPJM.

"Salah satu doa yg "Maqbul" adalah doa org yg berpuasa. Karenanya selain mendoakan diri sendiri dan keluarga, doakan juga para pemimpin negeri ini agar kebaikan selalu menyertai mereka dan agar mereka selalu diberi kekuatan untuk terus bekerja mensejahterakan rakyat," tulis Ketua Partai Persatuan Pembangunan, M. Romahurmuziy dengan akun @MRomahurmuziy.

"Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Semoga lebih banyak berkah, ketenteraman, kebahagiaan, dan keselamatan," kicau @raravebles.

"Semoga #puasa tahun ini penuh keberkahan... dijabah semua doa2 kita.. aamiin aamiin," demikian twit dari @DaengRhina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Emoji Ramadan di Twitter

Twitter turut memeriahkan berbagai momen penting dengan emoji, termasuk untuk Ramadan tahun ini. Menyambut datangnya bulan Ramadan, Twiter kembali meluncurkan tiga emoji berbeda dengan desain baru.

Tiga emoji tersebut berupa bulan sabit, piring dan gelas, serta lentera. Ketiga emoji itu akan muncul ketika pengguna mengetik kata kunci tertentu.

Berikut rincian emoji edisi Ramadan 2018 di Twitter, seperti dikutip dari keterangan resmi Twitter, Kamis (17/5/2018):

1. Emoji bulan sabit akan muncul saat pengguna menggunakan tagar-tagar berikut: #Ramadan, #Ramadhan, #BulanPuasa, #Puasa dan #ngabuburit.

2. Emoji bergambar piring dan gelas akan muncul saat tagar-tagar berikut digunakan: #Sahur, #BukaPuasa, #Takjil, #Kurma, #IftarRamadan dan #Iftar.

3. Emoji berikutnya adalah sebuah lentera yang menggambarkan semangat dalam menjalankan ibadah puasa. Gunakan tagar #Ramadan_lanterns, #Ramadan_lantern, #Ramadanlanterns, dan #Ramadanlantern untuk melihat emoji tersebut.

3 dari 3 halaman

Penelitian tentang Ramadan

Twitter menggelar survei tentang bagaimana orang merayakan Ramadan, yang dirilis pada April 2018. Salah satu hasilnya, sebesar 71 persen responden di Indonesia mengaku tertarik menonton acara yang disiarkan langsung di Twitter selama bulan Ramadan.

Waktu yang dihabiskan untuk menonton video di Twitter juga meningkat selama Ramadan. Twitter mencatat, durasi menonton video di Twitter meningkat 157 persen di bulan Ramadan.

Hasil survei ini juga mencerminkan dengan yang terjadi di dunia nyata, salah satunya tentang kebiasaan berbelanja selama Ramadan. Banyak yang berbagi keinginannya di Twitter untuk membeli barang-barang seperti pakaian dan perhiasan, hingga tiket pesawat dan ponsel.

Riset ini juga menunjukkan, bahwa religi menjadi konten Ramadan yang paling banyak dinikmati di Twitter, diikuti oleh makanan atau memasak.

Lima jenis konten yang paling dinikmati oleh pengguna Twitter di Indonesia selama Ramadan adalah religi, makanan atau memasak, komedi, kesehatan, dan destinasi perjalanan. Tidak jauh berbeda dengan konten populer di TV selama Ramadan yakni religi, makanan atau memasak, komedi, destinasi tujuan, dan hiburan umum.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.