Sukses

Begini Cara Berantas Komentar Bernada Perisakan di Instagram

Menariknya, kiat ini pernah diuji coba dengan lirik dari rapper Kanye West.

Liputan6.com, Jakarta - Komentar bernada menyerang (perisakan) dan perundungan makin marak di media sosial Instagram.

Untuk mengantisipasi maraknya penggunaan komentar itu, platform Instagram meluncurkan fitur penyaring komentar perisakan atau Anti-Bullying Filter.

Head of Public Policy, Instagram Asia-Pacific, Helena Lersch, mengatakan fitur ini berguna untuk menghapus komentar bersifat melecehkan atau membuat kenyamanan pengguna terganggu.

"Filter anti-bullying ini terpasang secara otomatis bagi pengguna Instagram di seluruh dunia dan dapat diatur melalui pilihan Comment Controls," kata Helena dalam keterangan tertulis yang diterima Tekno Liputan6.com, Rabu (16/5/2018).

Filter ini, kata Helena, akan mengirimkan laporan ke Instagram seandainya pengguna terus menerus merisak korbannya.

Helena mengatakan tujuan dari fitur baru ini untuk membuat nyaman jutaan remaja yang berbagi kreativitas dan berbagi koneksi dengan Instagram.

"Kami mau memastikan mereka bisa terus melakukannya dengan cara yang aman dan positif dengan fitur-fitur keamanan di Instagram," ujar dia.

Selain fitur anti-perisakan, Instagram juga mengenalkan fitur penyaring komentar yang mengganggu atau Offensive Comments Filter.

Penyaringan komentar bernada perisakan itu pernah menjadi pembahasan pada Agustus 2017. Dilaporkan Wired, sistem yang dikembangkan Instagram untuk menyaring perpesanan dan komentar itu bernama DeepText.

Dengan kecerdasan buatan, sistem itu akan mendeteksi tiap kata yang mengandung unsur kekerasan dan perisakan. Sistem ini pernah diuji coba pada lirik lagu rapper Kanye West.

Meski begitu, CEO Instagram Kevin Systrom tidak dapat memastikan bagaimana sistem itu mampu menangkal spam atau kebocoran data pada sistem.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Akses Fitur Anti-Bullying

Ketuk menu di kanan atas profil milikmu. Setelah itu ketuk kolom komentar.

Di sana kamu akan menemukan semua kontrol komentarmu. Kamu akan melihat otomatisasi penyaringan yang menyembunyikan komentar ofensif.

Kamu juga dapat menggunakan sistem penyaringan secara manual untuk menghilangkan komentar yang mengandung kata-kata, kalimat, atau emoji yang tak ingin kamu lihat di unggahan komentarmu.

Selain itu, kamu juga dapat melaporkan foto, video, dan pesan yang berisi caci-maki yang dikirimkan melalui perpesanan langsung.

Caranya, buka percakapan. Ketuk dan tahan pesan individu yang ingin kamu laporkan. Kemudian laporkan.

Untuk selengkapnya, kamu dapat mengakses tautan ini, https://instagram-together.com/.

Reporter: Maulana Kautsar

Sumber: Dream.co.id

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.