Sukses

BBM Desktop Siap Sambangi Pengguna Dalam Waktu Dekat

Dengan fitur ini, pengguna BBM dapat mengakses aplikasi oleh pesan ini melalui PC Desktop.

Liputan6.com, Jakarta - BlackBerry Messenger (BBM) dilaporkan tengah berencana untuk menggulirkan fitur anyar bagi para penggunanya. Kali ini, aplikasi oleh pesan tersebut diketahui akan merilis fitur BBM Desktop.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna BBM untuk mengakses aplikasi tersebut melalui PC desktop. Dengan kata lain, pengguna dapat lebih mudah untuk memakai BBM di perangkat berbeda.

Namun, seperti dikutip dari CrackBerry, Minggu (20/5/2018), fitur ini baru tersedia untuk pengguna terbatas karena masih dalam tahap beta. Menurut rencana, fitur ini akan tersedia ke seluruh pengguna dalam waktu dekat.

Meski masih dalam tahap beta, sejumlah fitur utama BBM Desktop sudah dapat diakses. Salah satunya adalah melihat seluruh percakapan atau melihat percakapan dalam Grup.

Tak hanya itu, pengguna dapat mencari percakapan spesifik langsung dari search bar. Pengguna juga dapat membuat percakapan baru langsung dari kolom Contact.

Dalam versi beta ini, perusahaan juga menyertakan sejumlah fitur anyar, seperti jumlah anggota yang dibuat lebih banyak hingga 300 pengguna.

Untuk pengguna Android, aplikasi ini juga hadir dengan peningkatan untuk fitur berbagi dokumen yang lebih beragam.

Melalui pembaruan ini, BBM juga ikut menghadirkan kanal Official Account. Berbekal kanal ini, rekanan BBM, mulai dari merek, bisnis, termasuk selebritas, dapat membuat akun resmi untuk berinteraksi dengan penggunanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Aplikasi BBM Versi Terbaru Sempurnakan Berbagai Fitur

Sebelumnya, BBM baru saja merilis versi terbaru di toko aplikasi Google Play dan App Store.

Mengutip keterangan resmi BBM yang diterima Tekno Liputan6.com, versi terbaru ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan fungsionalitas lebih baik di obrolan grup, termasuk pesan suara dan dukungan untuk pesan berkapasitas besar.

Versi terbaru BBM ini juga memiliki kemampuan untuk membuat timeline pengguna terbuka untuk umum, kembalinya layar emoji klasik untuk Android, dan lain-lain.

Seperti apa pembaruan yang dimaksud? Berikut daftarnya.

1. Grup yang Lebih Baik

Pengguna BBM versi terbaru bisa mengirim pesan audio ke beberapa kelompok kontak dengan fitur pesan suara.

Fitur ini disebut-sebut sangat efektif saat pengguna berkendara di jalan, tak punya waktu untuk mengetik, atau mereka yang merasa bahwa kata-kata tak cukup untuk mengekspresikan diri.

Cara menggunakan fitur pesan suara ini cukup dengan menekan dan tahan ikon mikrofon yang berada di bawah panel keyboard. Kemudian, pesan suara pun dapat terkirim. Sementara, untuk membatalkan cukup dengan menggeser saja.

Pengguna akan diminta untuk membuka akses ke mikrofon smartphone jika sebelumnya pengguna belum pernah mengirim pesan suara ke BBM.

3 dari 5 halaman

Pesan Berkapasitas Besar

2. Pesan Berkapasitas Besar, hingga 65.000 Karakter

Pengguna kini bisa mengirim pesan panjang di grup, di mana BBM akan menampilkan 2.000 kata pertama dan menyembunyikan sisanya di balik tombol "Read More".

Penerima cukup menekan "Read More" untuk melihat pesan lengkap. Adapun batas pesan baru untuk grup adalah 65.000 karakter. Pesan panjang memungkinkan pengguna untuk mengutarakan setiap kata yang ingin disampaikan.

Pada saat yang sama, pesan panjang juga mempermudah penelusuran grup untuk mengikuti atau merekomendasikan obrolan.

3. Tampilan Menarik

BBM juga mendesain ulang penampil gambar dan video dalam grup untuk menyertakan nama pengirim dan waktu mereka mengirim gambar atau video tersebut.

Komentar pun muncul di halaman terpisah. Pengguna hanya perlu menekan untuk membuka halaman tersebut. Dengan layar belakang putih, tampilan jadi lebih bersih.

Peningkatan ini juga berlaku untuk penampil dalam percakapan empat mata maupun dengan banyak orang untuk memberi pengguna pengalaman yang lebih koheren.

4 dari 5 halaman

Bisa Sesuaikan Privasi

4. Android, Timeline untuk Umum atau Pribadi

Sekarang ada lebih banyak cara untuk mengakses timeline orang lain, sehingga pengguna dapat mengikuti perkembangan terbaru dari kontak favoritnya.

Pengguna hanya perlu mengklik gambar kontak di bagian komentar "Channel" atau "Feeds".

Selain itu, kini ada penambahan pengaturan privasi ke Timeline, sehingga pengguna dapat mengontrol siapa melihat apa.

Jika pengguna menyetel Timeline ke "Public", tab "Post" pengguna akan terlihat oleh semua orang yang menggunakan BBM Messenger.

Sementara untuk menampilkan status dan unggahan hanya kepada kontak, pengguna hanya perlu mengatur "Timeline" ke "Private".

5. Layar Emoji 'Pergi untuk Kembali' di Android

Panel keyboard emoji orisinal untuk Android telah kembali dan semua pilihannya dipasang ulang. Beberapa bulan lalu tampilannya sempat diperbarui agar layar tidak terkesan sesak.

Kini, BBM beralih ke versi klasik, karena banyaknya pengguna yang lebih menyukai versi lama yang memiliki banyak tombol pengaturan yang bisa mereka lihat.

5 dari 5 halaman

Lebih Banyak Lagi

6. Lebih Banyak Lagi

Versi terbaru BBM juga mencakup perbaikan dalam proses untuk mengundang pengguna lain ke obrolan dengan banyak orang, dan sebuah proses untuk memulai grup baru.

Saat ini BBM juga menyediakan dukungan layar penuh bagi mereka yang membuka BBM di iPhone X.

BBM juga memberi pilihan pada pengguna untuk mengirim gambar dan video sebagai file dalam obrolan pribadi.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah dan mengunduh file dengan kualitas lebih baik bagi pengguna dengan kuota besar atau WiFi berkecepatan tinggi.

Untuk menggunakan fitur-fitur yang diperbarui, pastikan kamu memperbarui BBM ke versi terbaru di Google Play dan App Store.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.