Sukses

ADI Gelar Seminar Kebangkitan Dosen Indonesia

Asosiasi Dosen Indonesia bersama Universitas Prasetiya Mulya menggelar sebuah seminar nasional Kebangkitan Dosen Indonesia dengan pembicara utamanya Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti Ali Ghufron Mukti.

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) bekerja sama dengan Universitas Prasetiya Mulya menyelenggarakan seminar nasional bertajuk Kebangkitan Dosen Indonesia yang bertempat di Kampus Cilandak Universitas Prasetiya Mulya, Jakarta, Senin (14/5/2018).

Dalam seminar yang diikuti sekitar 200 dosen dari berbagai kampus ini, ada enam topik utama yang dibahas.

Ketua Pelaksana Seminar sekaligus Wakil Rektor Non Pendidikan Universitas Prasetiya Mulya Djoko Wintoro mengatakan topik yang dipilih adalah Kebangkitan Dosen Indonesia.

"Kebangkitan dosen di Indonesia, bukan karena selama ini tidur tetapi untuk bangkit dan menyelesaikan tantangan-tantangannya," kata Djoko.

Dia mengatakan, para dosen tidak boleh hanya melakukan marathon tetapi harus sprint atau lari kencang untuk mengejar berbagai ketinggalan.

Dalam acara ini, kata Djoko, ada 22 dosen yang akan menjadi pembicara dengan jumlah peserta mencapai 240 orang dosen. Para peserta kemudian dibagi ke dalam enam kelompok diskusi dengan berbagai topik berbeda.

Adapun keenam topik yang dibahas antara lain adalah Dosen Indonesia Pilar Kemajuan Bangsa, Dosen Indonesia sebagai Modal Inovasi Bangsa, Dosen Indonesia Memperkuat Persatuan Bangsa, Peran Baru Kemristekdikti di Pendidikan Tinggi 4.0, Dosen Indonesia dalam Inovasi Pembelajaran di PT 4.0, dan Dosen Indonesia dalam Inovasi Riset PT 4.0.

Dalam acara ini, turut dibuka pula oleh Ketua Umum Asosiasi Dosen Indonesia Dino Patti Djalal serta materi keynote speech oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Ali Ghufron Mukti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran Dosen untuk Kebangkitan Bangsa

"Seminar ini berpusat pada dosen dan perannya dalam kebangkitan bangsa. Pentingnya dosen dalam mempengaruhi intelektual seseorang," kata Dino. 

Dino juga bercerita saat dia masih menjadi mahasiswa, atas peran dosenlah intelektualitasnya bisa berkembang dan berkreasi. 

"Sewaktu mahasiswa, yang membuat intelektual saya berubah juga adalah dosen. Dulu saya biasa saja, tetapi beliau melihat ada something special dalam saya, sejak itu cara berpikir dan bekreasi saya jadi berkembang," tutur Dino dihadapan peserta seminar.

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat ini juga memberikan semangat kepada para dosen yang hadir. "Dosen, don't underestimate yourself. Kalau (menjalankan tugas) dengan penuh ketekunan dan dedikasi, pasti anak didik akan terinspirasi," ucapnya.

Dino juga mengatakan, dosen merupakan motor dari kebangkitan bangsa. Menurutnya, kebangkitan bangsa tidak akan terjadi jika para dosen tidak lapar akan teknologi dan informasi.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.