Sukses

Performa Smartphone Lemot? Jangan Pasang 5 Aplikasi Ini

Berikut adalah lima aplikasi Android yang bisa membuat smartphone kamu lemot performanya.

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang kamu cari ketika membeli smartphone baru? Yang pasti, kamu mengharapkan perangkat pengganti incaran haruslah memiliki performa yang lebih cepat dan lancar saat menjalankan beragam aplikasi. 

Terlebih lagi jika smartphone yang kamu beli harganya lumayan mahal.

Namun, ada sejumlah faktor yang dapat membuat performa smartphone Android menjadi lemot. Salah satunya adalah jumlah aplikasi yang di install.

Hanya karena mengusung memori internal yang luas dan prosesor terkini, banyak pengguna yang tidak menyadari semakin banyak aplikasi yang ter-install di smartphone bisa membuat performa perangkat lemot.

Mengutip dari laman Brilio.net, Sabtu (13/5/2018), berikut adalah lima aplikasi Android yang bisa bikin smartphone kamu lemot.

1. Aplikasi Penghemat Baterai

Beberapa aplikasi yang kamu instal bisa menjadi salah satu penyebab smartphone kamu boros lho.

Tak dapat dimungkiri, banyak dari pengguna smartphone meng-install aplikasi ini ke dalam perangkat.

Nyatanya, aplikasi ini malah membuat baterai smartphone lebih cepat habis. Pasalnya aplikasi ini melakukan proses yang juga mengonsumsi daya ponsel.

2. Antivirus

Sebenarnya, Google selaku pengembang sistem operasi (OS) Android telah melakukan scanning virus ke seluruh aplikasi yang diunduh langsung dari Play Store.

Bila kamu jarang mengunduh aplikasi dari toko aplikasi pihak ketiga bukan dari Play Store, sepertinya aplikasi antivirus kurang berguna dan bisa memperlambat performa smartphone kamu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Aplikasi Cuaca

Aplikasi prakiraan cuaca AccuWeather (Sumber: Google Play Store)

Bagi yang sering bepergian ke luar negeri aplikasi ini memang dapat membantu. Namun, ketimbang harus mengunduh aplikasi khusus untuk mengetahui cuaca, kamu bisa pergunakan aplikasi bawaan yang sudah disediakan secara maksimal.

4. Aplikasi WiFi

Aplikasi yang satu ini memang cukup populer di kalangan pengguna smartphone Android. Di saat banyak pengguna berharap dapat memecahkan password wifi yang ada disekitar, aplikasi ini hanya menyediakan fitur analisis WiFi saja.

5. Aplikasi Penambah Memori

Seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga banyak beredar di Play Store dan populer di kalangan pengguna. Nyatanya, aplikasi ini hanya menghapus cache di Android kamu.

Prosesnya juga nggak kalah memakan daya dan keberadaannya memenuhi memori ponsel yang bisa bikin performa handphone menjadi lelet. Ada baiknya kamu meng-install aplikasi bersih-bersih memori yang sudah Google sediakan, yakni Files Go.

Reporter: Weni Arfiyani

Sumber: Brilio.net

(Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.