Sukses

Tak Ingin Jiplak iPhone X, Ini Alasan LG Pakai 'Poni' di G7+ ThinQ

Kenapa LG membekali layar smartphone-nya dengan notch? Apakah ingin mengikuti tren semata-mata?

Liputan6.com, Jakarta - LG bakal segera merilis flagship smartphone G7+ ThinQ di Indonesia. Smartphone yang akan dihadirkan adalah LG G7+ ThinQ dengan varian RAM 6GB, memori internal 128GB, dan prosesor Qualcomm Snapdragon 845.

LG G7+ ThinQ memiliki bentang layar 6,1 inci dengan aspek rasio 19,5:9. Ingin mengikuti tren, vendor asal Negeri Ginseng tersebut tak lupa menyertakan notch di bagian atas layar.

Kendati demikian, seperti pada Huawei P20 Pro dan Zenfone 5, notch pada LG G7+ bisa dihilangkan, terutama jika si pengguna tidak menyukainya.

Dengan hilangnya notch, layar LG G7+ ThinQ akan jadi lebih kecil, yakni 5,99 inci. Lantas, kenapa LG membekali layar smartphone-nya dengan notch?

Head of LG Mobile Communications Indonesia Hee-gyun Jang mengakui, saat perusahaan merilis LG G7, banyak yang bertanya-tanya mengapa LG 'menyontek' notch iPhone X.

Jang juga mengakui, sebelum LG G7 rilis, beredar bocoran foto yang menunjukkan penampakan LG G7 dengan notch. Padahal sebenarnya, kata Jang, notch bisa dihilangkan.

LG G7+ ThinQ. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

"Dalam bocoran foto yang beredar hanya terlihat bahwa LG G7 akan mengusung notch, tidak ada bocoran foto lain yang menunjukkan notch bisa dihilangkan. Karenanya kami dibilang mengikuti iPhone X," kata saat ditemui di acara hands on LG G7+ ThinQ di Kantor LG Indonesia di Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Dia pun menampik kalau LG mengikuti iPhone X. Menurutnya apa yang dilakukan perusahaan Korea Selatan itu adalah mencoba menghadirkan smartphone yang lebih baik dari pesaing-pesaingnya.

LG G7+ ThinQ. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

"LG tidak mengikuti Apple, kami justru mencoba membuat perangkat yang lebih baik dibanding milik Apple. Dengan notch yang bisa dihilangkan, konsumen bisa merasakan pengalaman memiliki satu smartphone tetapi dengan dua desain berbeda," katanya.

Pilihan dengan dan tanpa notch ini, kata Jang, hadir untuk memenuhi permintaan banyak konsumen. Pasalnya, ia melanjutkan, beberapa orang memilih perangkat dengan notch di layar. Sementara, beberapa orang lainnya lebih senang dengan desain FullVision.

"Untuk itulah kami menghadirkan dua desain dalam satu perangkat. Jadi bukan karena mengikuti Apple," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi LG G7+ ThinQ

LG G7+ ThinQ didukung dengan layar 6,1 inci dan aspek rasio 19,5:9 FullVision dengan resolusi QHD+ (3.120x1.440 piksel). Aspek rasio yang diusungnya adalah yang terbesar di kelasnya.

Yang menarik, kata Jang, layar smartphone ini memiliki tingkat kecerahan hingga 1.000 nit saat berada di bawah cahaya matahari.

Sementara, saat kondisi normal, layar otomatis menggunakan tingkat kecerahan 500 nit. Meski cukup cerah, kata Jang, konsumsi dayanya digadang-gadang 30 persen lebih hemat dibandingkan LG G6.

LG G7+ ThinQ dibekali kamera berteknologi kecerdasan buatan (AI) yang bisa mengenali 19 mode, mulai dari orang, binatang peliharaan, matahari terbit dan tenggelam, laut, dan lain-lain.

Ketika mendeteksi kucing misalnya, kamera smartphone ini akan menampilkan mode Pet atau hewan peliharaan. Kamera kemudian akan menyesuaikan pengambilan gambar yang tepat untuk objek tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Kualitas Kamera

Resolusi kamera yang diusungnya adalah 16MP (super wide angle 107 derajat/ aperture F1.9) dan 16MP (F1.6), sedangkan untuk kamera depannya memiliki resolusi 8MP (wide angle dengan bukaan aperture F1.9).

Jang mengatakan, LG G7+ ThinQ juga dibekali kamera super bright camera yang akan menyesuaikan kondisi cahaya di sekitarnya.

LG G7+ ThinQ mengusung baterai dengan kapasitas 3.000mAh dan OS Android Oreo 8.0. Soal audio, perangkat ini didukung speaker Boombox dan fitur audio DTS:X 3D untuk hasil suara yang lebih menggelegar.

Tidak lupa, layar smartphone dilengkapi dengan notch, tetapi bagi pengguna yang memilih layar penuh, LG menghadirkan opsi untuk menghilangkan notch tersebut.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.