Sukses

5 Aplikasi Android Kece yang Enggak Bisa Dipakai Pengguna iPhone

Ternyata ada banyak aplikasi yang secara eksklusif dibuat hanya bagi pengguna smartphone Android. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Hingga saat ini masih banyak penggila smartphone yeng memperdebatan Android dan iPhone, soal mana yang lebih bagus dan powerful. 

iPhone sendiri terlihat mewah dan eksklusif sehingga membuatnya banyak dipuja oleh penggemar alias para fanboy. Sementara, Android menawarkan kemudahan dalam pengembangan aplikasi untuk platform-nya.

Hasilnya, banyak aplikasi kece dengan fitur unik dan menakjubkan pun tercipta. Namun, aplikasi Android berikut ini tidak ada di iPhone.

Umumnya, para pengembang menciptakan aplikasi berbasis iOS untuk iPhone terlebih dahulu. Baru kemudian mereka membuat dalam versi Android-nya.

Ternyata ada banyak aplikasi yang secara eksklusif dibuat hanya bagi pengguna smartphone Android. Dengan demikian, aplikasi Android tersebut tidak ada di iPhone. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Clean Master (Boost & AppLock)

Ini dia aplikasi Cleaning & Tweaking paling populer di Android. Dengan aplikasi Clean Master (Boost & AppLock), kinerja dan performa smartphone kamu akan semakin mantap.

Mulai dari menghapus file-file sampah, melapangkan RAM, menghentikan aplikasi berat, mendeteksi virus, bahkan menurunkan suhu smartphone Android kamu.

Sayangnya pengguna iPhone tidak bisa menikmati aplikasi keren ini. Pasalnya, Clean Master cuma tersedia untuk platform Android. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Airdroid

Mau transfer file dari HP Android ke PC atau sebaliknya? Sekarang kamu enggak perlu lagi pakai kabel data.

Kamu bisa gunakan aplikasi Airdroid untuk mentransfer berbagai jenis file dari smartphone ke PC atau laptop dalam waktu sekejap. Bahkan, kamu bisa kirim SMS, serta bikin WiFi hotspot hanya dengan aplikasi ini.

Kasihan yang pakai iPhone tidak bisa menggunakan Airdroid dan segala kemudahan serta kepraktisannya.

 

3 dari 5 halaman

3. Opera Max

Salah satu masalah terbesar bagi para pengguna smartphone adalah kuota internet yang boros. Maka tak heran bila sebagian besar orang menghabiskan banyak uang setiap bulan hanya untuk membeli pulsa.

Nah, masalah ini dapat diatasi jika kamu menggunakan Opera Max. Aplikasi ini mampu menghemat kuota data kamu hingga 50 persen lebih irit. Asyik, kan?

Kalau kamu menggunakan iPhone, siap-siap saja pengeluaran buat beli pulsa membengkak. Soalnya kamu enggak bisa pasang Opera Max yang spesial buat para pengguna Android.

 

4 dari 5 halaman

4. ES File Explorer File Manager

Apakah kamu tipikal orang yang suka menyimpan banyak file dan data penting di smartphone? Kamu pasti butuh aplikasi pengelola file yang bisa diandalkan seperti ES File Explorer File Manager.

Selain memisahkan file berdasarkan jenisnya, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur, mulai dari pemutar musik, backup data dan aplikasi, hingga mampu mengenkripsi data.

Aplikasi file manager terbaik Android ini tidak tersedia untuk iPhone. 

 

5 dari 5 halaman

5. Aplikasi Launcher Android

Salah satu kelebihan Android adalah kemudahan dalam memodifikasi tampilan smartphone. Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi launcher yang tersedia untuk menggantikan launcher bawaan smartphone Android kamu.

Smartphone kamu pasti jadi jauh lebih keren, serta bikin penggunaannya jadi lebih nyaman. Tak seperti iPhone yang tampilannya cuma begitu-begitu saja.

Kalau punya smartphone Android, kamu bisa bikin tampilan smartphone jadi lebih menarik dengan aplikasi-aplikasi launcher Android.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.