Sukses

Instagram Segera Hadirkan Fitur Stiker Musik di Stories

Instagram dikabarkan tengah menguji coba fitur baru. Fitur yang dimaksud memungkinkan pengguna untuk menambahkan musik ke Stories.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram dikabarkan tengah menguji coba fitur baru. Fitur yang dimaksud memungkinkan pengguna untuk menambahkan musik ke Stories.

Kendati begitu, belum jelas musik di Instagram Stories akan ditampilkan dalam bentuk seperti apa.

Uji coba fitur musik di Instagram Stories pertama kali ditemukan oleh Ishan Agarwal di kode Instagram. Fitur ini diberi nama "Music Sticker".

Sebagaimana dikutip The Next Web, Rabu (9/5/2018), Stiker Musik memungkinkan pengguna untuk mencari klip musik untuk dimainkan ke unggahan Stories mereka, dengan demikian para follower bisa mendengarkan musik tersebut.

Pengguna nantinya juga bisa mencari musik di beberapa tab berbeda dengan label Trending, Genre, dan Mood.

Saat ini, belum ada kepastian dari mana musik tersebut berasal atau seperti apa bentuknya. Tidak jelas apakah stiker musik akan menampilkan bagian chorus lagu atau keseluruhan.

Masih belum juga diketahui apakah pengguna bisa memilih bagian klip mana yang akan ditampilkan dari sebuah lagu.

Jika Stiker Musik benar-benar hadir, kemungkinan besar ini karena Facebook selaku perusahaan induk Instagram telah memiliki kesepakatan lisensi dengan label musik UMG, Sony, dan Warner Bross.

Sebelumnya, kesepakatan dengan UMG secara spesifik menyebut, musik-musik yang diproduksinya bisa digunakan dalam bentuk video atau pengalaman sosial lainnya di Facebook, Instagram, dan Oculus.

Dalam beberapa bulan ini, Instagram secara aktif menambahkan beberapa fitur. Khusus untuk Stories misalnya, Instagram menambahkan fitur Type untuk update teks. Selain itu pengguna juga bisa berbagi screenshot dari aplikasi pihak ketiga langsung ke Stories.

Instagram baru-baru ini juga dikabarkan akan kebagian fitur group video call, berbagi foto berlatar belakang bokeh dalam fitur bernama Focus di IG Stories, hingga bisa mengikuti tagar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Segera Rilis Group Video Call

Instagram menghadirkan fitur baru antara lain adalah video call dan laman Explore yang didesain ulang.

Sebagaimana dikutip The Verge, Rabu (2/5/2018), Instagram menghadirkan fitur video call bagi pengguna dan saat ini fitur yang dimaksud tengah dalam tahap pengujian. Kabarnya, fitur video call di Instagram bakal segera dirilis secara global.

Untuk memulai panggilan video di Instagram, pengguna hanya perlu mengetuk ikon kamera di atas Direct Message antara kamu dengan pengguna yang akan ditelepon via video.

Untuk membuat sebuah grup obrolan atau thread direct message di Instagram, pengguna hanya perlu mengetuk pada ikon pesawat kertas di sudut kanan atas feed lalu ketuk ikon tambah (+), kemudian pilih dua orang atau lebih untuk membuat grup obrolan.

Fitur video call, sebut The Verge, memungkinkan pengguna melakukan panggilan video dengan satu atau kelompok kecil. Pengguna bisa meminimalisasi layar video selama obrolan dan kembali melanjutkan chat sembari menjelajah di Instagram.

Video chat sendiri sudah diisukan kehadirannya sejak beberapa bulan lalu. Instagram belum menjelaskan berapa banyak pengguna yang bisa berpartisipasi menggunakan fitur ini.

 

3 dari 4 halaman

Desain Ulang Feed

Hal lain yang diubah Instagram adalah laman Explore yang akan menampilkan tombol di bagian atas halaman kini membentuk carousel.

Dengan begitu akan memberikan opsi bagi pengguna untuk menggeser subjek tertentu, misalnya hewan, fotografi, dan arsitektur untuk melihat unggahan-unggahan lain yang spesifik.

Update baru ini, akan memudahkan pengguna untuk mencari konten yang sesuai dengan ketertarikannya.

Sebelumnya, Instagram Explore merupakan laman tempat Instagram mengumpulkan berbagai unggahan yang mungkin disukai penggunanya. Laman dirancang untuk membuat pengguna bisa menemukan konten, orang, atau merek baru untuk diikuti.

Explore juga sudah beberapa kali didesain ulang, misalnya yang menunjukkan foto dari orang-orang yang dikenal, menghadirkan Stories di Explore, dan membuat konten video lebih menonjol.

Baik video call dan laman Explore yang didesain ulang disebut-sebut akan hadir untuk seluruh pengguna di dunia dalam beberapa bulan mendatang.

4 dari 4 halaman

Terintegrasi Spotify

Sebelumnya Instagram menghadirkan fitur baru di Instagram Stories, fitur yang dimaksud adalah kemampuan integrasi Instagram Stories dengan berbagai aplikasi lain, sebut saja Spotify dan GoPro.

Pengguna Spotify dan aplikasi GoPro bisa langsung membagikan konten ke Instagram Stories atau mengirimkannya lewat pesan Direct ke pengguna lain.

Khusus untuk Spotify, pengguna bisa berbagi lagu, daftar lagu, dan album yang tengah didengarkan. Tidak hanya itu, Instagram menyebut, integrasi Stories ini memungkinkan aplikasi pihak ketiga untuk mengirim konten langsung ke Facebook Stories juga.

Dengan integrasi Spotify dan Instagram Stories, pengguna tidak perlu lagi men-screenshot lagu yang diputar di Spotify kemudian mengunggahnya ke Stories. Pengguna cukup membagikan lagu yang sedang didengarkan ke Instagram Stories.

Caranya, buka Spotify kemudian pilih dan putar lagu. Selanjutnya ketuk titik tiga yang ada di bawah logo album. Pilih opsi "Share", lalu kamu bisa membagikannya ke Instagram Stories.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.