Sukses

Dominasi Pasar Dunia, Kecerdasan Buatan Jadi Senjata Utama Avaya

Seperti perkembangan teknologi lainnya, AI juga berpotensi untuk menggantikan peran manusia dalam pekerjaan, termasuk dalam layanan komunikasi global.

Liputan6.com, Singapura - Tak dapat dimungkiri, kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) menjadi daya tarik sendiri bagi banyak perusahaan teknologi di dunia, termasuk Avaya.

Dikenal sebagai salah satu pelopor di layanan komunikasi global, perusahaan yang berbasis di New Jersey, Amerika Serikat ini ternyata juga ikutan mengadopsi teknologi AI ke dalam layanannya.

Hal ini dikonfirmasi oleh Avaya Profesional Servces Senior Director, Emir Susic, kepada Tekno Liputan6.com pada acara Experience Avaya Asia Pacific baru-baru ini.

Ia menyebutkan, "Tim kami di Avaya mengabungkan berbagai elemen AI dan mengintegrasikan teknologi itu ke layanan dalam bentuk chat, voice recognition, dan text-to-speech."

"Dengan begini, agents akan mendapatkan solusi informasi dan rekomendasi yang lebih tepat dan detail saat berhadapan dengan pelanggan."

Seperti perkembangan teknologi lainnya, AI juga berpotensi untuk menggantikan peran manusia dalam pekerjaan, termasuk dalam layanan komunikasi global.

Menjawab pertanyaan tersebut, Emir menjawab, "Kami percaya, teknologi kecerdasan buatan justru bakal membuat pekerjaan agents lebih efektif." 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimalkan Contact Center

Emir Susic, Avaya Profesional Services Senior Director dan Sami Ammous, Managing Director, ASEAN-Avaya. Liputan6.com/ Yuslianson

Dalam demonstrasinya, Avaya memperlihatkan bagaimana kecerdasan buatan tersebut dapat memilah konsumen berdasarkan kepribadian dan profilnya, dan memasangkan kepada agents yang sesuai.

"Ambil contoh, ketika ada konsumen di sebuah bank keluhkan layanan dan marah, AI akan secara otomatis menghubungkan ia ke agents yang lebih berpengalaman ketimbang yang masih junior," papar Emir.

Menyadari hal tersebut Avaya menghadirkan solusi yang mampu mengolah data itu sehingga dapat memberikan actionable insight kepada rekanan.

"Nantinya mereka (rekanan Avaya) dapat memberikan solusi yang terbaik untuk berbagai macam masalah yang end user hadapi, entah itu konsumen perbankan, hotel, ataupun rumah sakit," pungkasnya.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.