Sebelum Mobile Legends, 5 Gim Ini Sempat Gemparkan Dunia

Oleh Yuslianson pada 09 Mei 2018, 07:00 WIB
Mobile Legends

Liputan6.com, Jakarta - Gim apa saja yang saat ini sedang kamu mainkan. Apakah sedang asyik main Mobile Legends, Arena of Valor, PlayerUnknown’s Battlegrounds Mobile, DC Unchained, atau Vainglory?

Tak dapat dimungkiri, judul-judul gim yang disebutkan di atas memang bikin adiktif.

Meski saat ini mereka booming dan banyak yang memainkan, ternyata ada sejumlah judul gim yang juga sempat tenar sebelumnya.

Kira-kira judul gim apa saja yang sempat viral sebelum Mobile Legends? Nah dari pada penasaran, kamu bisa simak daftar lengkapnya berikut ini.

1. Clash of Clans

Supercell update CoC agar lebih menarik dan seru. (iDigitalTimes)

Siapa sih yang tidak kenal dengan gim besutan Supercell ini? Game yang mengusung genre perang antarklan ini sempat bikin heboh dunia, termasuk Indonesia sejak diluncurkan pertama kali pada 2012.

Meski tidak seheboh dahulu, Clash of Clans nyatanya memiliki pemain yang sangat setia. Bahkan, mereka rela merogoh dompet dalam-dalam hanya untuk melakukan in-app purchase (IAP).

2. Pokemon Go

Setelah ditunggu, Raid Battle akhir dirilis. (Doc: BGR)

Gim selanjutnya yang sempat bikin gamer dunia tergila-gila adalah Pokemon Go. Dikembangkan oleh Niantic Lab, gim yang sempat bikin heboh pada 2016 ini secara perlahan mulai ditinggal pemain setianya.

Tercatat, hingga kini hanya ada sekitar 5 juta orang yang main gim Pokemon Go ini.

 

2 of 2

3. Clash Royale

Dalam artikel ini, tim Tekno Liputan6.com merangkum 10 kesalahan yang sering dilakukan oleh player baru di Clash Royale.

Dibuat oleh pengembang yang sama dengan gim Clash of Clans, Supercell 'berharap' Clash Royale dapat mendompleng kesuksesan gim buatan sebelumnya.

Meski sempat digelar kompetisi besar, Clash Royale harus menerima kenyataan sulit bersaing dan mencuri perhatian gamer di dunia.

Seperti Pokemon Go, gim inipun sempat ramai dimainkan oleh pecintanya. Karena alur cerita gim yang monoton, gamer pun mulai meninggalkan Clash Royale.

4. Angry Birds

Gameplay Angry Birds 2

Siapa tak kenal 'Angry Birds'? Jauh sebelum Mobile Legends dan Clash of Clans tenar, gim yang mengisahkan burung-burung pemarah ini jadi salah satu gim wajib terpasang di perangkat mobile.

Ketika berjaya, gim buatan Rovio ini pernah digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna smartphone di seluruh dunia.

5. Flappy Bird

Ok, gim yang satu ini memang tidak memiliki grafis yang menarik. Uniknya, gameplay yang ditawarkan di dalam gim buatan Dong Nguyen ini justru bikin gim ini viral.

Sampai-sampai, pengembang gim tersebut memutuskan untuk 'membunuh' gimnya di Android dan iOS karena banyak yang memainkan Flappy Bird.

Apa yang menjadi alasan Nguyen menarik gimnya dari App Store dan Google Play Store? Sederhana, ia merasa bersalah karena gimnya sudah bikin banyak orang ketagihan dan tak bisa lepas dari perangkat mobile. 

(Ysl/Isk)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

[vidio:](https://www.vidio.com/watch/731115-god-of-war-4)

Lanjutkan Membaca ↓