Sukses

Bukalapak Tebar Ilmu Ngelapak ke Komunitas di 20 Kota

Program ini memberikan wawasan kepada para peserta tentang berbisnis secara online di Bukalapak, dan meningkatkan keterampilan dalam mengoptimalkan bisnis mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak kembali menggelar porgram Belajar Ngelapak Bersama Komunitas (BNBK). Program ini adalah salah satu program penting yang akan dihelat di 20 kota di Indonesia, mulai dari Surabaya, Pontianak, Bukittinggi, Banjarmasin, Sragen, Cirebon, Makassar, Palu, Blitar, Bekasi, Balikpapan, Kediri, Tasikmalaya, Yogyakarta, Lampung, Malang, Manado, Jayapura, Pekanbaru dan Medan.

Adapun alasan Bukalapak memilih 20 kota ini karena perusahaan menilai adanya potensi berkembangnya Usaha Kecil dan Menegah (UKM).

Menurut keterangan Bukalapak yang diterima Tekno Liputan6.com, Senin (7/5/2018), BNBK adalah inisiasi dari komunitas Bukalapak di masing-masing kota, dan sudah berjalan sejak 2016.

BNBK ingin memberikan wawasan kepada para peserta tentang berbisnis secara online di Bukalapak, dan meningkatkan keterampilan dalam mengoptimalkan bisnis mereka. Selain bertujuan untuk memberikan edukasi, BNBK juga bsia menjadi 'ruang' untuk berkreasi dalam menyelenggarakan kegiatan di komunitasnya masing-masing.

Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak, mengungkap BNBK sudah diadakan di dua kota, Surabaya dan Pontianak selama dua hari terakhir. Menurutnya, peserta memiliki antusiasme yang tinggi untuk menjadi pebisnis online.

 “Lebih dari itu, kami bangga akan semangat dan antusiasme yang luar biasa dari masing-masing komunitas dalam merancang, menyiapkan, dan menjalankan BNBK di kota mereka," kata Fikri.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Hari Pelatihan

Peserta BNBK akan menjalani dua hari pelatihan oleh para 'Ranger' komunitas Bukalapak. Materi yang diberikan seperti teknik pengambilan foto produk, dan menulis deskripsi barang yang baik dan benar.

Tim dari beberapa divisi di Bukalapak juga turut serta memberikan wawasan kepada peserta seperti tentang customer service, business development, trust and safety, dan berbagai materi menarik lainnya.

Fikri menambahkan, rangkaian program BNBK ini mendapatkan dukungan dari mitra-mitra Bukalapak, seperti JNE dan Bank BRI.

Keduanya juga akan terlibat dalam memberikan materi kepada para peserta BNBK. JNE sebagai mitra logistik akan memberikan wawasan mengenai jasa layanan pengiriman yang bisa dimanfaatkan oleh para pelapak Bukalapak.

Sementara BRI akan memperkenalkan fitur Indonesia Mall yang ada di aplikasi Bukalapak untuk mempromosikan produk swakarya dari para pelaku UKM serta memberikan edukasi tentang literasi perbankan. 

Komunitas Bukalapak yang merupakan sarana bagi para pelapak Bukalapak untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman berbisnis online di Bukalapak sudah tersebar di 86 kota di Indonesia. Komunitas Bukalapak ini dibentuk atas inisiatif dari pelapak Bukalapak itu sendiri.

“Harapannya dengan adanya program BNBK ini akan semakin meningkatkan semangat para pelaku UKM untuk mengembangkan bisnisnya secara online. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari mitra Bukalapak, yaitu JNE dan BRI, yang tentunya akan bermanfaat untuk optimalisasi bisnis online yang para pelapak. Hal ini sejalan dengan konsep gotong royong dan kolaborasi yang kami miliki di Bukalapak” tutup Fikri.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.