Sukses

Mengharukan, Drone Berhasil Selamatkan Anak Anjing dari Selokan

Jika sebelumnya drone banyak dipakai untuk membantu di pertanian, mendeteksi kotoran anjing, mengirimkan barang-barang, kini drone justru dipakai untuk menyelamatkan seekor anak anjing.

Liputan6.com, New Delhi - Drone  tak hanya sekadar perangkat mainan dan untuk mengambil foto dan video dokumentasi. Makin banyak penggunaan drone, makin beragam pula hal yang bisa dilakukan dengan pesawat nirawak ini.

Jika sebelumnya drone banyak dipakai untuk membantu di pertanian, mendeteksi kotoran anjing, mengirimkan barang-barang, kini drone justru dipakai untuk menyelamatkan seekor anak anjing.

Sebagaimana dikutip The Verge, Senin (7/5/2018), ceritanya seorang engineer di New Delhi, India, yakni Milind Raj menyelematkan seekor anak anjing menggunaan drone yang telah dibekali dengan cakar pengait berukuran besar.

Mulanya, Raj tengah berjalan-jalan pada pagi hari di New Delhi. Ia pun mendengar gonggongan anjing. Begitu mengecek lebih lanjut, anak anjing tersebut tengah terjebak di dalam selokan di antara dua jalan.

Raj mengatakan, kondisi si anak anjing tersebut sangat menyedihkan. Kepada The Verge, Raj menyebut, penduduk setempat telah mendengar anak anjing itu selama dua hari lamanya.

Mereka tidak bisa menyelamatkan anjing kecil karena kondisi selokan yang sangat kotor. "Tidak mungkin bagi orang untuk menyelamatkan anak anjing itu tanpa membahayakan nyawa mereka sendiri," kata Raj.

Raj pun memutuskan untuk mengembangkan sebuah drone yang bisa menyelamatkan anak anjing itu. Meski Raj punya pengalaman dengan teknologi kecerdasan buatan dan robotika, dia menyebut, mengembangkan perangkat yang tepat (untuk menyelamatkan anjing) adalah tantangan tersendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rakit Drone Secara Mandiri

Untungnya dalam beberapa jam, dia bisa mengikatkan sebuah pengait layaknya tangan robot ke drone dengan enam rotor. Perangkat ini diciptakannya di laboratoriumnya yang terletak di kota Lucknow.

Sebelumnya, Raj memang telah mengembangkan drone tersebut untuk tujuan penyelamatan. Oleh karenanya, drone ini dilengkapi dengan sensor untuk melacak detak jantung dan pola pernapasan, guna melihat kesehatan si anak anjing.

"AI membantu saya memantau denyut jantung hewan. Jika cengkeraman (lengan drone) terlalu ketat, anak anjing itu bisa saja mati lemas," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Berhasil Selamatkan Anak Anjing

Ketika drone besutannya telah beres, Raj pun kembali ke lokasi terjebaknya anak anjing. "Anak anjing ini mengalami trauma makanya dia tidak begitu bereaksi," katanya.

Dengan begitu, Raj bisa melakukan manuver di sekitar anak anjing dan dengan aman menutup lengan pencakar itu di sekitar badan si anak anjing.

Dalam sebuah video yang dipublikasikan, tampak bahwa drone milik Raj mampu mengangkat si anak anjing dari selokan.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.