Sukses

Ada Bug, Mikrofon di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Malah Rusak

Masalah ini disebut terjadi karena ada bug di iOS 11.3 sehingga mikrofon di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tak berfungsi saat menelpon.

Liputan6.com, Jakarta - Masalah software yang terjadi pada iOS besutan Apple masih belum selesai. Terbaru, laporan menyebut iOS 11.3 juga menyimpan bug yang langsung 'merusak' sejumlah iPhone.

Dikutip dari Venture Beat, Senin (7/5/2018), bug di iOS 11.3 ini menyebabkan mikrofon di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tak berfungsi. Bahkan, masalah tersebut membutuhkan reparasi fisik untuk menyelesaikannya.

Menurut laporan MacRumors, Apple sendiri sudah mengatahui masalah ini. Karena itu, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, Amerika Serikat (AS) tersebut menawarkan biaya servis gratis untuk perangkat yang rusak.

Namun sebelumnya, pihak Apple dilaporkan sempat meminta biaya perbaikan sebesar US$ 349 (setara Rp 4,8 jutaan) pada pengguna. Sejumlah laporan juga menyebut pengguna disarankan untuk mengganti perangkat ke model iPhone baru.

Lantas, seperti apa masalah yang dialami pengguna di iOS anyar ini? Berdasarkan laporan, bug akan mengakibatkan tombol speaker saat melakukan panggilan berwarna abu-abu dan membuat panggilan suara maupun FaceTime tak dapat didengar.

Untuk itu, pengguna yang mengalami masalah ini dirujuk untuk segera membawanya ke layanan purna jual. Namun, sebelum itu, Apple akan melakukan sejumlah tes untuk memastikan masalah terjadi karena bug ini.

Salah satu acuan adalah tes diagnostik audio yang harus menampilkan hasil berupa keterangan bahwa 'perangkat tidak dapat mendeteksi dock' atau 'aksesoris tidak didukung'.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan penyebab iOS 11.3 bisa memicu masalah ini. Meski Apple sudah mengakui masalah tersebut, laporan terkait pengguna terdampak disebut masih belum terlalu banyak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lagi, Pengguna Temukan Bug di iOS 11

Sebelumnya, pengguna juga menemukan bug iOS 11. Bug ini membuat seseorang yang mengirimkan karakter tertentu menyebabkan iPhone menjadi crash.

Tak hanya itu, bug ini menyebabkan akses ke sejumlah aplikasi seperti WhatsApp, Outlook, hingga Gmail menjadi terblokir. Bug ini ternyata menyeranag sejumlah iPhone yang menjalankan iOS 11.2.5, termasuk beberapa versi Safari dan Message di MacOS.

Apple sendiri tak tinggal diam mengetahui ada masalah ini di sistem operasinya tersebut. Perusahaan yang berbasis di Cupertino itu berencana menggulirkan solusi melalui pembaruan sistem, sebelum iOS 11.3 meluncur pertengahan tahun ini.

Berdasarkan laporan, bug ini melibatkan pengiriman pesan dengan karakter bahasa India (Telugu). Jadi, Springboard iOS secara tiba-tiba berhenti bekerja setelah pesan diterima melalui iMessages.

Akibatnya, pesan tak dapat dimuat dan ditampilkan sebagaimana mestinya. Menurut penuturan sejumlah pihak, hal yang dapat dilakukan untuk membuatnya kembali normal adalah mengirimkan pesan kembali dan menghapus karakter tersebut.

Sementara untuk aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp, Gmail, dan Outlook, sejumlah temuan menyebut aplikasi tak dapat berfungsi segera setelah pesan masuk. Kendati demikian, tak seluruh aplikasi terpengaruh.

Telegram dan Skype termasuk dalam daftar yang disebut tak terdampak bug ini. Pengguna versi beta publik iOS 11.3 juga dipastikan aman dari bug ini. Kendati demikian, Apple berjanji akan segera menyelesaikan masalah ini.

3 dari 3 halaman

Ini Deretan Fitur yang Apple Rilis di iOS 11.3

Apple sebenarnya baru saja meluncurkan pembaruan untuk sistem operasi iOS 11.3 ke seluruh perangkatnya.

Lewat update iOS ini, pengguna iPhone mendapat sejumlah pembaruan, seperti baterai yang lebih tahan lama, animoji baru, Apple ARKit versi terbaru, dan masih banyak lagi.

Di versi ini, Apple akhirnya menghadirkan fitur Battery Health Tool yang mampu menunjukkan status baterai jangka panjang dari iPhone.Tak hanya itu, fitur ini juga memberi tahu pengguna apakah baterai perlu diganti.

Di iOS terbaru ini, pengguna dapat mengobrol langsung lewat chat dengan berbagai akun bisnis si aplikasi Business Chat ini.

Dengan cara ini, jika Anda membutuhkan sesuatu lewat toko, restoran, persewaan, atau apapun yang berbasis bisnis lainnya, kamu tak perlu lagi cari di Google, mengetikkan nomor telepon dan meneleponnya.

Pengaturan data dan privasi baru di iOS 11.3 akan memberi pengguna informasi yang lebih baik tentang bagaimana data pribadi mereka digunakan oleh aplikasi-aplikasi resmi Apple.

Ketika menggunakan layanan Apple yang membutuhkan data pribadi untuk pertama kalinya, kamu akan mendapatkan prompt yang meminta kamu untuk mengizinkan pengiriman data pribadi tertentu, dan tak lupa ikon privasi juga akan muncul (siluet dua tangan berjabat berwarna biru).

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.