Sukses

Sadar Enggak? 4 Teknologi Kecerdasan Buatan Ini Kamu Gunakan Sehari-hari

Berikut beberapa teknologi kecerdasan buatan yang memiliki peran besar terhadap kehidupan manusia tanpa banyak yang menyadarinya.

Liputan6.com, Jakarta - Secara perlahan namun pasti, kecerdasan buatan (Artificial intelligence, AI) penetrasi ke dalam berbagai perangkat elektronik yang kita gunakan sehari-hari.

Ambil contoh paling mudah adalah smartphone. Banyak vendor berlomba-lomba meluncurkan perangkat teranyarnya yang digadang-gadang menggunakan teknologi AI di dalamnya.

Dan tanpa kamu sadari, peranan urusan pekerjaan hingga mencari makanan dan tempat liburan pun sangat membantu penggunanya.

Seperti dikutip dari laman Merdeka.com, Sabtu (5/5/2018), berikut beberapa teknologi yang ternyata memiliki peran besar di dalam kehidupan manusia.

1. Google Assistant

Buat kamu yang belum tahu, ini lho beberapa fakta Google Assistant yang harus kamu tahu. (Ilustrasi: Android Authority)

Google memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di dunia. Semua informasi sudah tertera dari yang mudah sampai yang sulit sekalipun.

Kamu pun bisa mencari semua informasi dari seluruh dunia dengan berbagai bahasa. Termasuk bahasa Indonesia dan Jawa.

Tak lagi harus mengetik di keyboard saat menggunakan Google, pengguna kini hanya perlu berbicara dengan menyebut "Hey Google" di smartphone untuk mengakses Google Assistant.

Setelah menyala, kamu tinggal sebutkan apa yang diinginkan, maka Google akan memberikan semua informasi yang dibutuhkan.

2. Siri

Pencipta Siri Nilai Apple Terlalu Banyak Menuntut. (Doc: BGR)

Hampir sama seperti Google, Siri menjadi fitur unggulan diberbagai perangkat buatan Apple. Meski begitu, masih banyak yang belum tahu apa fungsi keberadaan Siri, khususnya di iPhone.

Siri bisa menjadi fitur yang sangat membantu, seperti mengingatkan jadwal agar tidak melupakan janji yang sudah dibuat. Siri juga bisa digunakan untuk memberitahukan arah jalan sekitar.

Selanjutnya kamu bisa bertanya kalimat yang tidak dimengerti, mencari foto, bertanya apa yang sedang tren di Twitter, mencari catatan atau email.

Kamu juga bisa menanyakan lokasi restoran murah di tempat yang bakal dituju ketika liburan, mencari lagu atau bertanya jadwal film yang akan tayang.

Semua akan dijawab Siri dengan tepat dan jelas. Jadi, kamu tidak perlu kesulitan mencari informasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Waze

Waze kini hadir dengan fitur navigasi sepeda motor

Aplikasi yang sudah tidak asing ini bias menuntun kamu saat tersesat. Selain itu, aplikasi satu ini juga memiliki banyak fitur pendukung, seperti tanda adanya kemacetan hingga kecelakaan yang sedang terjadi.

Jika AI tidak ditemukan, mungkin sampai saat ini kalian masih akan kesulitan untuk mencari alamat tujuan.

4. Instant Heart Rate Pro

Kecerdasan buatan juga bisa mendeteksi kesehatan. Salah satunya aplikasi Instant Heart Rate Pro. Kalau sudah mengunduh aplikasi ini, kamu tidak perlu sering mengecek kesehatan di rumah sakit.

Uniknya, aplikasi ini akan berfungsi hanya dengan meletakkan jari telunjuk di atas kamera. Setelah itu, Instant Heart Rate Pro dapat memberikan gambaran lengkap tentang tubuh kalian.

Reporter: Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

(Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.