Smartphone Lipat Samsung Siap Meluncur Tahun Depan?

Oleh Agustinus Mario Damar pada pada 06 Mei 2018, 08:00 WIB
Samsung Galaxy S9

Liputan6.com, Jakarta - Rumor seputar smartphone lipat besutan Samsung sudah terdengar sejak beberapa bulan lalu. Meski masih simpang siur, kabar terbaru menyebut Samsung siap untuk memperkenalkannya tahun depan.

Laporan surat kabar Korea Selatan, The Bell, menyebut smartphone yang dikenal sebagai Galaxy X ini akan diperkenalkan pada awal tahun depan, tepatnya saat gelaran Mobile World Conggress (MWC) 2019.

Galaxy X juga memiliki kode nama baru yakni, Winner. Sebelumnya, proyek perangkat lipat ini bernama Valley dan sudah terdengar kabarnya sejak 2015.

Laporan menyebut smartphone lipat ini memiliki dua layar OLED berukuran 3,5 inci yang dapat dilipat. Saat dibentangkan, ukuran layar tersebut menjadi dua kali lipat lebih besar, yakni 7 inci.

Namun, masih belum dapat diketahui seperti apa bentuk smartphone tersebut. Terlebih, bocoran itu disebut-sebut masih berupa purwarupa, sehingga ada kemungkinan dilakukan perubahan desain.

Mengingat smartphone lipat ini akan hadir di ajang MWC 2019, Samsung dilaporkan juga menggeser waktu peluncuran seri Galaxy S-nya. Untuk informasi, gelaran MWC biasanya menjadi ajang debut seri perangkat premium Samsung tersebut.

Karena itu, seperti dikutip dari BGR, Minggu (6/5/2018), Galaxy S10 akan diperkenalkan pada ajang Consumer Electronics Show 2019. Perbedaan waktu rilis itu dilakukan agar masing-masing produk mendapatkan perhatian yang sama.

Lebih lanjut, proses manufaktur Galaxy S10 akan dilakukan mulai awal Oktober tahun ini. Mengingat ini masih sebatas rumor, menarik untuk menunggu pengumuman resmi dari Samsung.

1 of 3

Samsung Pastikan Smartphone Lipat Bukan Sekadar Gimmick

DJ Koh, Head of IT & Mobile Communications (IM) Division saat berbicara di atas panggung peluncuran Samsung Galaxy S9 di Fira Barcelona Gran Via, Spanyol. Liputan6.com/Agustin Setyo W
DJ Koh, Head of IT & Mobile Communications (IM) Division saat berbicara di atas panggung peluncuran Samsung Galaxy S9 di Fira Barcelona Gran Via, Spanyol. Liputan6.com/Agustin Setyo W

Head of IT & Mobile Communications (IM) Division Samsung DJ Koh juga sempat mengungkap sedikit informasi seputar smartphone. Meski tak menyebut secara langsung, Koh memastikan perangkat ini bukan sekadar gimmick.

Pernyataan itu dilontarkan oleh Koh dalam wawancarannya dengan CNET usai gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018. 

"Saya yakin Samsung akan memberikan pengalaman terbaik saat meluncurkan kategori baru," tuturnya, seperti dikutip dari CNET, Senin (26/2/2018). Meski tak mengungkap informasi detail, Koh memastikan akan menceritakan lebih banyak pada saatnya.

Perusahaan asal Korea Selatan itu memang sejak lama dikabarkan akan meluncurkan smartphone lipat. Bahkan, rumor seputar perangkat ini sempat beberapa kali muncul.

Menurut President of Mobile Communications Business Samsung Electronics, DJ Koh, saat September 2017 Samsung awalnya akan merilis perangkat lipat pada 2018.

Koh mengatakan, smartphone lipat direncanakan ada dalam portofolio pada 2018. Namun, hingga saat ini belum ada laporan baru, ada kemungkinan perusahaan merivisi rencana itu.

2 of 3

Bocoran Seputar Smartphone Lipat Samsung

Foldable smartphone
Smartphone yang diduga sebagai ponsel lipat Samsung (Sumber: Gizmochina)

Menurut kabar, Samsung akan menggunakan nama Galaxy X untuk perangkat ini. Galaxy X diyakini akan menjadi smartphone lipat pertama Samsung.

Sejumlah sumber dari kalangan industri layar menyebutkan Samsung Display telah berhasil mengembangkan panel yang dapat dilipat dengan kelengkungan 1.0R. Artinya, panel tersebut bisa dilipat dengan posisi ke dalam seperti kertas.

Sejauh ini, banyak orang berpendapat bahwa Samsung akan menggunakan berbagai material plastik untuk memproduksi layar lipat tersebut. Perusahaan asal Negeri Ginseng itu sendiri sudah memiliki berbagai paten teknologi yang berkaitan dengan smartphone lipat.

Sebelumnya, seseorang mengaku telah menemukan laman dukungan untuk Galaxy X di situs resmi Samsung. Dikutip dari Forbes, perangkat ini sudah memiliki nomor model sendiri, yakni SM-G888No.

Nomor SM-G888 memang disebut-sebut merupakan kode dari smartphone ini sejak lama, sedangkan tambahan "No" menandakan perangkat ini hanya ada di pasar Korea Selatan.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓