Sukses

Jika Bumi Berhenti Berputar, 5 Hal Mengerikan Ini Bisa Terjadi

Apa yang bakal terjadi jika Bumi benar-benar berhenti berputar?

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa kiamat pasti selalu menarik perhatian umat manusia, apapun agama mereka.

Begitu kuatnya pengaruh kiamat itu sampai-sampai Hollywood merilis berbagai film bertema hari akhir tersebut.

Berbicara mengenai dunia kiamat, sebagian ilmuwan menduga hari akhir itu akan ditandai dengan berhentinya Bumi berputar pada porosnya.

Berdasarkan temuan tersebut, situs BrightSide mencoba memberikan gambaran beberapa peristiwa, yang mungkin terjadi jika Bumi tiba-tiba berhenti berputar pada porosnya (tentu saja dengan cara perlahan-lahan). Berikut rangkumannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Terbang ke Arah Timur

Manusia tidak pernah merasa Bumi berputar dan ke mana arah berputarnya.

Tetapi jika berhenti, menurut Sten Odenwald dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) semua yang ada di permukaannya akan tercabut dari tanah dan terbang ke arah timur dengan kecepatan tinggi sebelum akhirnya jatuh kembali.

Di daerah khatulistiwa, kecepatannya akan menjadi yang terbesar. sekitar 1.000 mil per jam. Sementara di wilayah kutub kecepatannya mencapai 800 mil per jam.

3 dari 6 halaman

Gelombang Raksasa

Kekuatan momentum akan menyebabkan air di laut bergerak membentuk tsunami yang sangat dahsyat, yang akan mengarah ke timur dan menyapu bersih kota-kota pesisir dari permukaan Bumi.

4 dari 6 halaman

Air Permukaan Bumi Terbagi Dua

Peristiwa itu tidak hanya menyebabkan terbentuknya dua lautan, Lautan Utara dan Selatan, tapi juga daratan baru di tengah-tengahnya.

 

5 dari 6 halaman

Letusan Gunung Berapi

Kekuatan kinetik Bumi yang besar dan momentumnya akan mengguncang planet ini sampai ke intinya.

Hasilnya cukup dapat diprediksi: badai dahsyat, letusan gunung berapi, dan gempa bumi yang merusak akan terjadi di mana-mana.

6 dari 6 halaman

Berubah Jadi Bola

Bentuk Bumi yang geoid (sedikit lonjong) disebabkan karena gerakan berputar pada porosnya. Jika planet ini berhenti, bentuknya akan menjadi lebih bulat.

Reporter: Maulana Kautsar

Sumber: Dream.co.id

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.