Sukses

Menilik Penggunaan Big Data di Sektor Bisnis sampai Politik

Analisis data dalam jumlah besar dapat diterapkan untuk beragam sektor, mulai dari bisnis sampai politik.

Liputan6.com, Jakarta - Big Data menjadi tren yang paling menarik di era data. Pasalnya, data-data bisa dianalisis untuk kemudian membantu pihak berkepentingan dalam menyusun strategi.

Untuk diketahui, Big Data tidak hanya menyangkut urusan komputer semata. Analisis data dalam jumlah besar dapat diterapkan untuk beragam sektor, mulai dari bisnis sampai politik

Bigjava, perusahaan analis data asli Indonesia, memberikan contoh bagaimana penggunaan data dapat memberi informasi tentang suatu daerah dengan cara menganalisis informasi dari Twitter.

"Kami ambil data Twitter dari seluruh indonesia untuk mencari tahu apa yang sedang happening. Contoh kasusnya, ada pihak tertentu yang ingin mengembangkan sesuatu di Jakarta Utara, lalu ingin mencari tahu yang lagi happening di lokasi itu," ujar Winda Miranti, Data Scientist Bigjava, Rabu (2/5/2018) sore di Jakarta.

Alhasil, pihak berkepentingan seperti pelaku bisnis dapat memahami kondisi suatu daerah untuk memudahkan persiapan strategi di lokasi tersebut. Tak hanya skala nasional, Bigjava juga bisa mendapat informasi data dengan skala mikro. 

Dengan cara yang sama, kalangan politik pun bisa memakai Big Data untuk memahami kondisi sosial di lokasi spesifik.

"Bisa (dipakai untuk hal politik) dan kita tetap independen," tegasnya.

Penggunaan Big Data untuk politik sebetulnya sudah dimulai saat Barack Obama maju sebagai presiden. Kemudian, Cambridge Analytica diduga melakukan hal yang sama untuk Donald Trump.

Bigjava menegaskan bahwa data-data yang dianalisis Bigjava bukanlah data pribadi, dan data-data tersebut biasanya diperlakukan secara confidential (rahasia).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merancang Platform Sesuai Kebutuhan

Meskipun tidak terlalu go public, Bigjava sering dipanggil untuk mengolah data oleh klien mereka. Beberapa layanan data yang mereka berikan adalah media monitoring, menganalisis Twitter Geolocation, serta pengelolaan data sesuai dengan kebutuhan klien.

"Teknologi yang kami sediakan bersifat customized (merancang sendiri), tergantung kesepakatan. Kami stilahnya menyediakan appliance untuk mengelola data," tukas Winda.

Bigjava turut hadir di Indonesian Petroleum Association (IPA) 2018 untuk memperkenalkan kegunaan Big Data di sektor minyak dan gas.

(Tom/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.