Sukses

Inikah Spesifikasi Duo Samsung Galaxy A6?

Galaxy A6 dan Galaxy A6 Plus memang belum dirilis. Namun, sudah banyak kabar dan bocoran beredar mengenai smartphone ini, salah satunya adalah spesifikasi kamera yang gahar. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Desember 2017, Samsung memperkenalkan Galaxy A8 dan Galaxy A8 Plus, smartphone dari seri A yang dibekali desain Infinity Display.

Terbaru, melalui keterangan resmi sebagaimana dikutip Gizmochina, Jumat (4/5/2018), Samsung mengumumkan kehadiran Galaxy A6 dan Galaxy A6 Plus. Lagi-lagi, keduanya mengusung desain bezeless atau yang dikenal sebagai Infinity Display.

Merujuk pada laporan Gizmochina, Galaxy A6 memiliki layar S-Amoled dengan luas 5,6 inci yang menghasilkan resolusi HD+ (720x1.480 piksel).

Sementara, Galaxy A6 Plus punya layar S-Amoled seluas 6,1 inci beresolusi Full HD+ (1.080x2.220 piksel).

Kedua layar smartphone seri A6 ini menawarkan aspek rasio 18,5:9. Selain itu, layar Galaxy A6 juga mendukung Always on Display yang memungkinkan pengguna melihat informasi di layar tanpa harus membuka kuncinya.

Kinerja Galaxy A6 ditopang chipset Exynos 7870 octa-core berkecepatan 1,6Ghz. Soal luas kapasitas penyimpanan, Galaxy A6 dibekali RAM 3GB dan 4G, serta memori internal 32GB dan 64GB.

Pengguna juga bisa menambah kapasitas dengan menyisipkan microSD card di perangkat. Untuk kapasitas baterai, Galaxy A6 dibekali daya 3.000mAh.

Lain lagi dengan Galaxy A6 Plus yang kinerjanya ditopang prosesor Snapdragon 450 berkecepatan 1,8Ghz.

Seperti Galaxy A6, Galaxy A6 Plus juga dibekali dua pilihan RAM dan memori internal, yakni paduan RAM 3GB dan memori internal 32GB serta RAM 4GB dan memori internal 64GB, juga dibekali dengan slot microSD.

Selain chipset, perbedaan keduanya adalah kapasitas baterai, Galaxy A6 Plus punya baterai lebih besar, yakni 3.500mAh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kamera dan Fitur Lainnya

Galaxy A6 hadir dengan kamera utama 16MP dengan bukaan aperture F1.7. Kameranya juga didukung dengan fitur autofokus dan dual-tone LED Flash.

Sementara, Galaxy A6 Plus hadir dengan kamera ganda di bodi belakang, dengan sensor 16MP (aperture F.17) dan kamera kedua 5MP (aperture F1.9).

Karena memiliki kamera ganda, Galaxy A6 Plus dibekali fitur Live Focus, yang memungkinkan pengguna mengatur efek bokeh sebelum atau setelah mengambil foto. Fitur ini sebelumnya sudah ada di Galaxy S9 Plus dan Galaxy Note 8.

Beralih ke kamera depan, Galaxy A6 hadir dengan sebuah kamera beresolusi 16MP dan aperture F1.9. Sementara itu, Galaxy A6 Plus hadir dengan kamera 24MP (didukung dengan LED Flash) ber-aperture F1.9.

Bodi belakang smartphone ini didukung dengan pemindai sidik jari untuk membuka kunci. Bicara keamanan, smartphone ini juga dibekali dengan dukungan pengenal wajah (facial recognition).

Galaxy A6 dan Galaxy A6 Plus hadir dengan OS Android Oreo 8.0. Keduanya juga didukung konektivitas Cat 6 LTE dengan 2 carrier aggregation, WiFi, Bluetooth 4.2, microUSB 2.0, NFC (untuk sebagian pasar), jack audio 3,5 inci, GPS, Glonass, dan BeiDou.

Beberapa varian warna untuk Galaxy A6 dan Galaxy A6 Plus antara lain adalah hitam, emas, blue, dan ungu lavender.

Smartphone ini juga dibekali kualitas audio dari Dolby Atmos. Beberapa fitur lain yang hadir ada App Pair, Bixby Home, Bixby Vision, Bixby Reminder, dan Samsung Pay.

3 dari 3 halaman

Soal Harga

Perusahaan asal Korea Selatan ini belum mengumumkan berapa banderol harga untuk kedua smartphone ini. Namun, keduanya akan hadir di beberapa pasar, antara lain Eropa, Asia, dan Amerika Latin.

Sementara itu, Galaxy A6 juga akan hadir di beberapa pasar lain seperti Korea Selatan, Afrika, dan Tiongkok.

Rencananya, smartphone ini bakal rilis pada awal Mei ini. Penasaran? Simak terus informasinya di Tekno Liputan6.com.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.