Sukses

Keren, Ini Wujud Robot Transformers di Dunia Nyata

Meski Transformers adalah khayalan belaka, tiga perusahaan Jepang justru berusaha untuk mewujudkannya ke dalam dunia nyata.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu yang suka film fiksi ilmiah, pasti pernah menyaksikan Transfomers. Film ini menyajikan peperangan para robot alien yang bisa berubah bentuk menjadi berbagai jenis kendaraan.

Aksi mereka saat berubah bentuk menjadi kendaraan, merupakan momen yang paling dinantikan oleh pencinta Transfomers.

Meski mereka adalah khayalan belaka, tiga perusahaan Jepang justru berusaha untuk mewujudkannya ke dalam dunia nyata.

The Japan Times melaporkan, tiga perusahaan Jepang telah bekerja sama dalam mengembangkan purwarupa robot mirip Transfomers yang diberi nama J-deite Ride.

J-deite Ride adalah robot humanoid setinggi 3,6 meter yang bisa mengubah dirinya menjadi sebuah kendaraan.

Tidak hanya bertransformasi, robot ini bahkan bisa dikemudikan layaknya mobil pada umumnya.

Sayangnya, J-deite Ride diciptakan bukan sebagai robot dengan kemampuan tempur seperti Transfomers. J-deite Ride adalah sebuah wahana taman hiburan yang bisa membawa dua orang penumpang.

Kenji Ishida, CEO Brave Robotics yang mempelopori proyek tersebut, terinspirasi film animasi di masa kecilnya dalam membuat J-deite Ride menjadi kenyataan.

"Robot yang saya lihat di film animasi sejak kecil semuanya memiliki tampilan seperti ini. Mereka bertransformasi menjadi sesuatu yang lain dengan pilot-pilot di dalamnya," kata Ishida kepada ABC.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Uji Coba Pabrik

Saat ini J-deite Ride masih diujicobakan di dalam pabrik, dan belum akan tersedia di taman hiburan di Jepang dalam waktu dekat.

Meskipun belum diuji di dunia nyata, robot seberat 1,6 ton itu telah terbukti cukup mengesankan.

Ia memiliki kemampuan untuk berjalan menggunakan dua kaki atau empat roda seperti mobil pada umumnya.

Dua penumpang yang berada di dalam bisa mengendarai robot ini layaknya sebuah mobil. Jika salah satu penumpang lebih suka duduk-duduk saja, maka penumpang lain bisa mengoperasikan J-deite Ride menggunakan remote control yang terhubung ke jaringan nirkabel.

 

3 dari 3 halaman

Butuh Waktu Satu Menit

Transformasi dari bentuk robot ke mobil membutuhkan waktu sekitar satu menit untuk menyelesaikannya.

Brave Robotics bekerja sama dengan Asratec, perusahaan konsultan robot, dan Sansei Technologies, produsen wahana hiburan, untuk menciptakan J-deite Ride.

Perusahaan berencana untuk memamerkan robot tersebut pada 5 Mei di sebuah festival di Jepang. Pada bulan November, J-deite Ride dijadwalkan untuk melakukan debutnya di IAAPA Attractions Expo 2018 di Amerika Serikat.

Reporter: Syahid Latif

Sumber: Dream.co.id

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.