Sukses

Dalam Hitungan Detik, Hacker Ini Bisa Buka Jutaan Kunci Kamar Hotel

Bahkan, kamar hotel yang kuncinya bisa dibuka juga berasal dari rantai usaha hotel bintang lima.

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang tidak bisa dilakukan hacker? Anggapan banyak orang selama ini, hacker cuma bisa meretas data pribadi pengguna di ranah maya. Namun sebetulnya, kemampuan hacker lebih dari itu, sebut saja bisa membuka kunci kamar hotel. Bukan satu, belasan, atau puluhan, tetapi jutaan!

Terbaru, kelompok hacker dari perusahaan F-Secure, berhasil mengembangkan teknologi peretasan dalam bentuk 'master key', yang bisa membuka kunci jutaan kamar hotel dari ribuan hotel di seluruh dunia hanya dalam hitungan detik.

Bahkan, kamar hotel yang kuncinya bisa dibuka juga berasal dari rantai usaha hotel bintang lima.

Namun, tujuan kelompok hacker ini bukanlah untuk kejahatan. Mereka justru mengembangkan metode tersebut untuk membantu pihak hotel mengamankan kamar dari ancaman oleh pihak tak bertanggung jawab.

Dilansir Mirror, Jumat (27/4/2018), Tomi Tuominen yang memimpin metode tersebut berkata, "Bayangkan ada pihak tak bertanggung jawab bisa membuka semua kamar hanya dengan satu kunci ini, pasti sangat berbahaya. Karena itu, kami harus mengetahui metodenya dengan mengembangkan sendiri."

Untuk membuat master key, Tuominen mengungkap mereka harus memiliki akses ke kunci elektronik hotel yang ditargetkan.

Dari situ, hacker bisa membaca kunci elektronik dan menggunakan perangkat keras kecil untuk mendapatkan lebih banyak akses kunci ke kamar yang ingin dituju.

Hanya dalam kurang dari satu menit, perangkat bisa menghasilkan kunci master key ke kamar yang dituju.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bekerjasama dengan Manufaktur Kunci Kenamaan

Tuominen juga membeberkan kalau pihaknya bahkan bekerjasama dengan manufaktur kunci kenamaan di dunia, Assa Abloy untuk megnembangkan sistem kunci master key ini.

Dari situ, kelompok hacker akan melihat apakah ada kecacatan atau celah, sehingga mereka bisa memperbaiki isu sedini mungkin.

"Kami bekerjasama dengan Assa Abloy untuk menciptakan master key. Dari situ, kami menciptakan sebuah software khusus untuk mengamankan sistem master key di hotel-hotel dunia," kata Tuominen.

3 dari 3 halaman

Pengunjung Hotel Harus Berjaga

Tuominen berkata, terlepas dari kecanggihan sistem master key ini, pengunjung hotel harus tetap berjaga.

Pasalnya, semua data pribadi yang disimpan di hotel bisa diakses kapanpun. Parahnya lagi, jika mereka menyimpan barang berharga, hacker bisa membuka kamar dan mencurinya.

"Jangan sampai tinggalkan barang berharga di kamar hotelmu. Gunakan kunci manual, jangan kunci kartu. Sebisa mungkin, antisipasi sebelum kejadian yang tidak diinginkan berlangsung," pungkasnya.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.