Sukses

Patut Dicoba, Begini Cara Kirim Pesan Anonim di Media Sosial

Sebuah platform yang dapat menampung kritik dan saran secara anonim mulai viral di kalangan warganet. Begini cara menggunakannya.

Liputan6.com, Jakarta - Kamu penasaran bagaimana komentar orang-orang soal diri kamu? Pasti banyak yang penasaran, tetapi kadang orang lain sungkan untuk berkata jujur ke kamu karena malu atau khawatir dapat menyinggung.

Belakangan ini muncul sebuah jalan untuk menampung kritik, tanggapan, dan saran secara online, yaitu dengan Secreto, situs pesan rahasia yang memperbolehkan siapa pun berkomentar tanpa diketahui identitasnya.

Secreto dapat tersambung dengan media sosial yang kamu punya seperti Instagram atau Facebook, sehingga follower atau kawan-kawanmu bisa berkomentar dengan jujur. 

Lantas bagaimana cara memakai Secreto?

Pertama, kamu harus membuat akun Secreto lebih dahulu. Caranya mudah, kamu cukup buka browser kamu dan masukkan alamat situs Secreto, atau kamu bisa klik di sini.

Setelah masuk ke situs Secreto, klik Daftar. Selanjutnya, kamu akan diminta memasukkan nama dan alamat email yang aktif. Kalau sudah terisi semua, klik masuk.

Saat proses loading selesai, kamu akan memasuki halaman beranda Secreto, dan akan ada sebuah link yang bisa kamu copy dan sebar ke semua akun media sosial kamu.

Tugas kamu selajutnya adalah menyebarluaskan link tersebut, agar kamu bisa menerima pesan jujur dari teman atau pemuja rahasia kamu. 

Dan berikut cara menyebarkan Secreto media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cantumkan di Instagram

Sebagai contoh, untuk memasukannya ke Instagram, kamu harus membuka tab profil instagram kamu lalu, klik Edit Profile.

Sebelumnya, kamu copy dulu link yang disediakan Secreto setelah kamu selesai mendaftar, kemudian paste di kolom website atau situs, setelahnya klik Save.

Bila Secreto sudah terpasang di profil kamu, kamu bisa memberi tahu semua teman atau followers untuk berkomentar melalui link tersebut. 

Kamu pun bisa melakukan hal yang sama di media sosial lain. Tinggal copy-paste saja link Secreto kamu di bio akun yang kamu miliki, contohnya di Facebook atau Twitter.

3 dari 3 halaman

Lihat Isi Secreto Kamu

Bila kamu sudah memasang Secreto selama beberapa waktu, saatnya kamu mengecek kritik dan saran yang orang lain katakan tentangmu.

Pertama, kamu masuk lagi ke situs Secreto. Prosesnya sama seperti saat mendaftar, sampai kamu masuk ke beranda. Di beranda kamu akan menemukan tab Pesanku di sudut kanan atas. Klik tab tersebut untuk tahu pesan yang masuk.

Di dalam kotak masuk Pesanku inilah kamu bisa melihat semua komentar jujur orang lain yang dikirim ke kamu. Kalau mau jawab, screenshot saja pesannya dan jawab lewat media sosial kamu seperti lewat Instagram Stories.

Demikian cara menggunakan Secreto di media sosial. Yang penting adalah jangan sampai emosi bila ada kesan yang tidak sesuai harapan kamu. 

Jangan lupa juga untuk waspada bila ada orang tidak bertanggung jawab yang menggunakan Secreto untuk menyampaikan kata-kata tidak senonoh. 

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com 

(Tom/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.