Sukses

Samsung dan Google Berebut Perhatian Nokia

Banyak perusahaan tertarik mengakuisisi bisnis kesehatan milik Nokia, Nokia Health.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak perusahaan tertarik mengakuisisi bisnis kesehatan milik Nokia, Nokia Health. Menurut laporan, Samsung dan Google tengah bersaing ketat untuk bisa mendapatkan unit bisnis tersebut

Dilansir Android Authority, Senin (23/4/2018), media asal Prancis, Le Monde, menyebutkan Samsung termasuk salah satu dari empat perusahaan yang tertarik mengakuisisi Nokia Health.

Menurut Le Monde, Samsung harus bersaing dengan Nest milik Google dan dua perusahaan Prancis lain untuk bisa membeli bisnis kesehatan digital Nokia.

Nokia membeli sebuah startup kesehatan digital asal Prancis, bernama Withings pada 2016. Tujuan akuisisi ini untuk memperkuat posisinya di pasar ksehatan pintar.

Setelah akuisisi, nama Withings diubah menjadi Nokia Health. Nokia Health saat ini memproduksi sejumlah produk kesehatan digital untuk rumah, termasuk body scale, pelacak aktivitas dan sensor tidur.

Akuisisi Withings tersebut tampaknya bukan langkah korporasi tepat bagi Nokia. Menurut Le Monde, para pembeli Nokia Health kemungkinan akan membayar kurang dari US$ 192 juta, jumlah yang Nokia dikeluarkan untuk membeli Withings.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Incaran Banyak Perusahaan

Kendati Google dan Samsung agresif membeli Nokia Health, Le Monde dalam artikelnya menyebut perusahan lokal juga berambisi mendapatkannya. Hal ini disebabkan sektor kesehatan digital dirasa penting untuk kemajuan industri kecerdasan buatan di Prancis.

Harga jual Nokia Health kemungkinan berada di bawah nilai akuisisi awalnya, tapi bukan berarti unit bisnis ini tidak menguntungkan sama sekali. Mengingat ketertarikan perusahaan sebesar Samsung dan Google, bagi mereka mungkin masih ada nilai besar dari berbagai produk dan kekayaan intelektualnya.

Samsung dan Google sendiri sudah membuat banyak connected product. Google memiliki banyak produk rumah pintar dari Nest, serta bermacam perangkat Google Home.

Samsung juga memiliki smart hub, Samsung SmartThings, dan dilaporkan sedang mengembangkan speaker pintar berbasis Bixby. Perusahaan asal Korea Selatan ini juga memiliki peran dalam pasar kesehatan digital melalui smartwatch Gear dan gelang fitness.

Melihat latar belakang kedua calon pembeli itu, Nokia Health dinilai sesuai dengan portofolio mereka.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.