Sukses

Uji 4G Indosat di Lampung, Video Streaming Lancar Jaya Tanpa Buffering

Indosat Ooredoo menggelar uji jaringan (drive test) di Lampung. Pengujian jaringan ini dilakukan mulai dari Bandara Radin Inten II hingga Kota Bandar Lampung.

Liputan6.com, Lampung - Indosat Ooredoo menggelar uji jaringan (drive test) di Lampung. Pengujian jaringan ini dilakukan mulai dari Bandara Radin Inten II hingga Kota Bandar Lampung.

Adapun pengujian jaringan ini melewati beberapa titik, antara lain adalah Jalan Soekarno Hatta, Jalan Haji Mena, Jalan Yos Sudarso, berakhir di Hotel Sheraton. Rute yang ditempuh dari Bandara Radin Inten II hingga Kota Bandar Lampung sekitar 50 kilometer.

Pengujian dilakukan menggunakan dari atas bus melewati jalur yang biasa dilewati oleh kendaraan lintas Sumatera.

Division Head Network Architecture Indosat Ooredoo Yusuf Setiawan mengatakan, Indosat Ooredoo memilih Lampung lantaran operator tersebut kini menghadirkan layanan 4G LTE yang mengkover seluruh wilayah Lampung.

"Indosat Ooredoo telah menghadirkan jaringan 4G baru di Lampung, sebelumnya sudah ada 4G sejak 2015. Namun baru ada di kota Bandar Lampung," kata Yusuf memberikan penjelasan saat uji jaringan Indosat Ooredoo di Lampung, Rabu (18/4/2018).

Dia menjelaskan, dengan jaringan yang baru, coverage jaringan 4G meningkat lebih dari 6 kalinya.

"Sebelumnya coverage 4G sekitar 13,66 persen kini setelah pengembangan jaringan, menjadi 77,82 persen. Ini menjadi solusi Indosat Ooredoo untuk meningkatkan pengalaman pelanggan," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Jenis Pengujian

Yusuf menjelaskan, ada tiga pengujian yang dilakukan dalam drive test jelang Ramadan dan Idul Fitri ini, antara lain adalah eksplorasi coverage, menjajal layanan video streaming selama di perjalanan, dan video call.

Hasilnya selama diuji di perjalanan, coverage jaringan Indosat Ooredoo tampak berwarna hijau yang diartikan, selama di perjalanan jaringan internet 4G tetap berjalan. Meski begitu, memang ada sejumlah titik yang memiliki indikator kuning.

Sementara, saat pengujian kedua yakni video streaming memang tidak terasa ada buffering. "Tidak ada buffering selama streaming. Dengan adanya ekspansi layanan jaringan, kualitas data juga lebih baik," kata Yusuf.

Kendati tidak ada buffering, di Soekarno Hatta Bay Pass, kualitas video beresolusi tinggi tampak pecah. Namun memasuki wilayah Kota Bandar Lampung, streaming video berkualitas tinggi pun terlihat lancar, tanpa buffering dan pecah.

3 dari 3 halaman

Uji Video Call

(Selanjutnya, pengujian dilakukan dengan membuat panggilan video. Meski kualitas video call tidak selalu mulus, panggilan video tidak terputus sendiri dan masih tetap berjalan, termasuk suara saat video call yang masih tetap terdengar jelas.

Berdasarkan hasil pengujian Tekno Liputan6.com dengan aplikasi nPerf, pengujian jaringan Indosat Ooredoo di Bandara Soekarno Hatta menorehkan kecepatan download sebesar 12,64Mbps dan upload sebesar 16,25Mbps.

Selanjutnya di Bandara Radin Inten II, kecepatan downloadnya sebesar 9,39Mbps dan kecepatan upload 8,90Mbps.

Lain lagi dengan di Jalan Soekarno Hatta By Pass yang kecepatan download-nya mencapai 11,74Mbps sedangkan kecepatan upload-nya sekitar 9,05Mbps.

Kemudian, di Jalan H.Mena yang masuk ke daerah dengan jalan berlubang, kecepatan download-nya sekitar 4,47Mbps dan kecepatan upload-nya 22,27Mbps.

Di Jalan Yos Sudarso yang sudah berada di kota Bandar Lampung, kecepatan download pun meningkat menjadi 8,66Mbps, sedangkan kecepatan upload-nya 26,18Mbps. Terakhir di Hotel Sheraton, kecepatan download-nya 27,44Mbps dan kecepatan upload-nya 28,99Mbps.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.