Sukses

Hasil SNMPTN 2018 Keluar, Warganet Saling Beri Semangat

Para warganet solid saling memberikan semangat dan hiburan, terutama bagi mereka yang tidak lolos SNMPTN 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) resmi diumumkan ada Selasa (17/4/2018) pada jam 17.00 WIB. Sekitar seratus ribu peserta berhasil lolos dan masuk ke universitas favorit mereka.

Tiap tahun, SNMPTN sering meninggalkan rasa kecewa. Menghadapi hal itu, di Twitter terlihat para warganet dan generasi Z saling memberi dukungan untuk peserta SNMPTN yang tidak lolos.

Rata-rata ucapan dukungan berupa motivasi agar tidak terlalu lama kecewa terhadap hasil SNMPTN, karena masih ada cara-cara lain untuk masuk universitas negeri dan meraih kesuksesan.

Berikut beberapa tweet menarik dan motivatif terkait SNMPTN, dan uniknya banyak dari mereka yang memakai foto idola K-Pop, sehingga cukup menghibur para warganet.

Akun @kyungsified menghibur para peserta yang gagal lolos SNMPTN. Ia turut memotivasi peserta yang akan menghadapi SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) untuk masuk universitas favorit.

Kepada peserta yang lolos pun, ia mengingatkan perjalanan masih panjang, terutama kepada mereka yang masuk jurusan sastra, karena banyak orang yang sanksi terhadap jurusan tersebut, meskipun banyak yang bisa dipelajari dari sastra.

Warganet lain pun memahami kesedihan mereka yang tidak lolos SNMPTN. "It's okay. It's going to be okay, I promise," tulisnya.

Para penggemar K-Pop memang paling ramai mendiskusikan SNMPTN, "Ada banyak cara agar kamu bisa lolos, bersabarlah, terus percaya diri, dan kuatlah," ucap akun @pinkycootnct yang memakai foto Taeyong dari NCT.

Ia pun menyemangati mereka yang akan mengikuti SBMPTN.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak Cara untuk Sukses

Bagi mereka yang kecewa pada kegagalan di SNMPTN, akun @FiersaBesari memiliki nasihat bijak agar kalian sadar kesuksesan tidak semata ditentukan SNMPTN saja.

Akun @nndiansh menyemangati para peserta yang tidak lolos SNMPTN dengan mengatakan ada sebagian orang yang jatuh dulu sebelum akhirnya diangkat derajatnya.

Bagi peserta yang gagal, kamu tidak perlu minder pada mereka yang lolos SNMPTN. Sekali lagi, banyak orang yang sukses tanpa melewati jalur SNMPTN.

3 dari 3 halaman

Masih Ada Universitas Swasta

Sementara itu, akun @sweetvoiceVK menyebut masih ada jalur lain untuk masuk PTN dan masih banyak perguruan tinggi swasta bagus untuk dijadikan pilihan.

Ini agak lucu, ternyata fans K-Pop yang melakukan role-playing (RP) turut membahas SNMPTN, ada yang marah-marah, turut bergembira, sampai memberikan penghiburan.

Role-playing adalah ketika fans memakai foto idola mereka di media sosial. Akibatnya terlihat seakan-akan artis Korea membicarakan SNMPTN.

Itulah berapa kumpulan tweet, tentang SNMPTN. Intinya adalah kesuksesan hidup seseorang sama sekali tidak ditentukan oleh SNMPTN.

Masih ada jalur lain untuk masuk universitas negeri, dan jalur menuju sukses pun ada beraneka ragam. Yang terpenting adalah jangan terlalu lama kecewa, dan harus bangkit lagi.

(Tom/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.