Mengekor Nintendo, Sega Luncurkan Mega Drive Mini

Oleh Yuslianson pada 16 Apr 2018, 12:00 WIB
Diperbarui 18 Apr 2018, 11:13 WIB
Mega Drive Mini

Liputan6.com, Jakarta - Berkaca dari kesuksesan Nintendo yang merilis ulang konsol lawasnya (NES dan SNES) dalam ukuran mini, Sega pun memutuskan untuk mengekor dengan merilis ulang konsol lawas mereka.

Adapun perusahaan yang berbasis di Tokyo, Jepang ini akan merilis ulang konsol Mega Drive versi mini, yaitu Mega Drive Mini.

Seperti NES dan SNES Classic Edition, konsol besutan Sega ini akan tampil dengan bentuk lebih kecil atau mini, dan meluncur di pasaran pada 2018.

Tak hanya itu, perusahaan juga mengungkap bakal merilis sejumlah gim-gim klasik mereka ke konsol Nintendo Switch di pertengahan 2018.

Dikutip dari laman The Verge, Senin (16/4/2018), konsol yang diberi nama Mega Drive Mini untuk sementara ini bakal dirilis bersamaan dengan ulang tahun konsol ke-30, dan menyertakan sejumlah gim klasik di dalamnnya.

2 of 3

Pernah Rilis Konsol Mega Drive Sebelumnya

Sega Genesis (Sumber: Gamespot)

Sebelum resmi mengumumkan konsol Mega Drive Mini, Sega sempat memberikan lisensi konsolnya ke perusahaan AtGames (yang juga memproduksi ulang konsol lawas Atari).

Mereka bertanggung jawab memproduksi konsol 'tiruan' buatan Sega seperti Sega Genesis Flashback yang kurang sukses diterima oleh gamer di berbagai negara.

Menyambut pengumuman besar Sega tersebut, AtGames mengungkap kalau konsol Mega Drive Mini ini akan menggunakan hardware besutan perusahaan.

Sayang, setelah mengungkap hal itu posting-an AtGames di akun resmi media sosialnya langsung dihapus. Belum diketahui apa yang menyebabkan post tersebut hilang.

 

3 of 3

Ikutan NES Classic dan SNES Classic

Nintendo janji akan mengapalkan NES Classic Edition jelang akhir tahun. (Doc: Fox News)

Mengekor Nintendo dengan konsol mini mereka, NES Classic dan SNES Classic, konsol besutan Sega ini juga memungkinkan gamer untuk memainkan gim-gim lawas yang pernah meluncur di Mega Drive kala itu.

Saat diumumkan, perusahaan menyebut Mega Drive Mini ini bakal meluncur di Jepang lebih dulu. Belum ada kabar kapan konsol ini menyambangi negara-negara lainnya.

Sekadar informasi, Sega meluncurkan Mega Drive (original) di Jepang pada 29 Oktober 1988, dan di Amerika Utara pada 14 Agustus 1989. Konsol ini sudah terjual lebih dari 30 juta perangkat di berbagai negara di dunia.

Sepak terjang Sega di dunia gim memang tidak pernah berhenti hingga saat ini. Baru-baru ini, perusahaan memberikan lisensi untuk gim-gim klasiknya untuk dirilis di iOS dan Android.

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓