Sukses

Hasil Pendapatan GTA V Kalahkan Film Terlaris Sepanjang Masa

Meski sempat dikritik karena memiliki banyak adegan kekerasan, nyatanya GTA V laris manis di pasaran.

Liputan6.com, Jakarta - Euforia Grand Theft Auto V (GTA V) yang dirasakan sejak 2013 masih terus meninggalkan rasa manis bagi pencipta dan penggemar seri tersebut.

GTA V masih terus mengukir keberhasilannya. Tercatat pendapatan yang diperoleh gim tersebut melewati pendapatan yang didapat film terlaris sepanjang masa, Avatar.

Dilansir Marketwatch, Selasa (17/4/2018), walaupun GTA V sempat dikritik karena adegan kekerasan dan seksual yang muncul di gim ini, tetapi penghasilan GTA V masih terus mengalir deras, dan sudah mencapai US$ 6 miliar (setara Rp 82,6 triliun).

Angka tersebut sekitar tiga kali lipat di atas pemasukan film Avatar besutan James Cameron yang rilis empat tahun sebelum GTA V.

Total 90 juta kopi GTA V telah terjual dengan hitungan 32,8 persen di konsol PS3, diikuti 27,4 persen di PS4, dan 25,5 persen di Xbox 360.

Lalu 12,2 persen penjualan ada di Xbox one. Untuk penjualan GTA V di PC tergolong rendah yakni hanya 2,1 persen.

Sejauh ini pencapaian gim GTA tidak pernah dicapai oleh media hiburan lain. Penghasilan seri Mario Bros memang melewati GTA V, tetapi tidak ada satu judul Mario Bros yang melewati penghasilan GTA V.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Call of Duty Menjadi Pesaing Utama

Hanya ada dua judul gim yang menyaingin GTA V secara jumlah penjualan, yaitu Call of Duty: Black Ops yang rilis pada 2010 dan sekuelnya, Call of Duty: Modern Warfare 3 yang rilis pada 2011.

Call of Duty: Black Ops menjual sebanyak 24,2 juta kopi, sementara Call of Duty: Modern Warfare 3 sebanyak 26,5 juta kopi.

Meskipun begitu, penghasilan dua seri Call of Duty tersebut masih empat kali lipat di bawah jumlah penjualan GTA V yang sebanyak 90 juta kopi.

3 dari 3 halaman

Kapan GTA 6 rilis?

Kejayaan GTA V membuat penggemar dan media menanti-nanti sekuelnya, GTA 6. Salah satu yang jadi pertanyaan apakah GTA 6 dapat mengulang atau melewati pencapaian GTA V?

Tiadanya kabar mengenai GTA 6 disebut karena adanya bayang-bayang dari Red Dead Redemption 2 yang akan rilis pada 18 Oktober 2018.

Seri Red Dead yang pertama kali rilis pada 2010 menjadi rival baru untuk seri terkenal seperti Call of Duty dan GTA.

Call of Duty: Black Ops 4 dianggap memilih tanggal rilis seminggu sebelum peluncuran Red Dead Redemption 2 untuk menghindari persaingan.

(Tom/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.