Android P Usung Nama Popsicle?

Oleh Jeko I. R. pada 14 Apr 2018, 16:00 WIB
Diperbarui 16 Apr 2018, 14:13 WIB
Android P

Liputan6.com, Mountain View - Teka-teki nama Android P sepertinya mulai menampakkan juntrungan. Kabarnya, Android P akan mengusung nama Popsicle alias es krim batangan.

Informasi ini diketahui dari sejumlah wallpaper baru yang dibagikan Google via Instagram Stories miliknya.

Dari beberapa wallpaper warna-warni itu, salah satunya memperlihatkan wallpaper Popsicle yang mengisyaratkan nama Android P.

Meski belum resmi dikonfirmasi, banyak yang memprediksi kalau nama es krim batangan ini menjadi kandidat terkuat.

Untuk diketahui, Popsicle tak cuma menjadi satu-satunya kandidat nama Android P. Selain Popsicle, ada juga beberapa cemilan dan minuman manis berawalan huruf P lain, seperti Pineapple Cake, Pepsi, Parfait, Poptart, Pancake, Pumpkin Pie, dan masih banyak lagi. Demikian dikutip CNET pada Sabtu (14/4/2018).

Untuk diketahui, menjelang perilisan Android terbaru, Google memang kerap mengadakan sayembara untuk pengguna, di mana mereka bisa memberikan rekomendasi nama Android P terbaik. Ada peluang nama Android P yang dirasa oke nantinya bisa dipilih jadi nama resmi.

2 of 3

Android Oreo

Android Oreo
Android Oreo. (Doc: CNET)

Sebelum P, Google sendiri memilih nama Oreo untuk Android O. Alasan Google memilih nama Oreo tak lain karena ingin membawa nama Oreo lebih dikenal banyak orang.

Seperti diungkap juru bicara Mondelez Valerie Moens, kerjasama antara Google dan Oreo benar-benar bertujuan branding semata. "Google tidak membayar kami untuk menggunakan nama Oreo. Ini murni kerjasama branding," kata Moens.

Kerjasama tersebut, lanjut Moens, juga akan menjadi inisiatif utama Google untuk membawa Android dan Oreo sebagai brand yang lebih menyenangkan di mata publik.

"Kami ingin menciptakan pengalaman yang inovatif dan playful untuk penggemar Oreo dan Android. Nanti, bisa saja ada Oreo kemasan khusus Android. Atau dari sisi Android, akan ada merchandise khusus Android Oreo. Ke depannya, pasti bakal banyak kejutan dari kami," tandasnya.

Di saat yang sama, Sagar Kamdar selaku Director Product Management Android di Google, mengungkap alasan lain mengapa perusahaan memilih Oreo. Alasannya, saat mengembangkan Android 8.0, banyak engineer Google mengudap Oreo saat lembur.

"Di microkitchen Google, ada Oreo. Teknisi kami selalu ngemil Oreo dengan susu," ungkap Kamdar.

3 of 3

Cemilan Manis

Android Oreo
Android Oreo. Dok: androidpit.com

Google sendiri dikenal kerap menggunakan nama camilan manis untuk sistem operasinya.

Sebelumnya, nama sistem operasi Android 7.0 Nougat, diambil dari nama camilan manis yang dibuat dengan gula atau madu, ditambah kacang atau buah-buahan kering. Rasanya sedikit lebih mirip cokelat Snickers dan Mars, tapi porsinya lebih kecil.

Sistem operasi robot hijau yang muncul secara alfabetis ini selalu hadir dengan nama-nama unik dan menarik. Sebut saja Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, hingga Oreo.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by