Sukses

Smartphone Gaming Xiaomi Akhirnya Meluncur, Ini Harganya

Xiaomi akhirnya merilis smartphone gaming perdananya, Black Shark. Berapa harganya?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah dirumorkan di sana sini, smartphone gaming Xiaomi akhirnya resmi diluncurkan. Seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, smartphone tersebut mengusung spesifikasi gahar khusus untuk para gamer mobile.

Smartphone gaming ini tak cuma dibesut Xiaomi seorang diri. Smartphone juga dibuat oleh perusahaan Black Shark yang didukung Xiaomi secara finansial. Tak heran nama smartphone ini mengambil kode nama Black Shark.

Xiaomi Black Shark digadang-gadang sebagai kompetitor telak bagi Razer Phone. Dapur pacunya pun ditopang sejumlah komponen kelas kakap. Prosesornya dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 845.

Salah satu yang menjadi pembeda Black Shark ketimbang smartphone lain Xiaomi adalah antarmuka khusus bernama JOY UI. Antarmuka berbasis Android Oreo ini dilengkapi beberapa fitur vital MIUI yang dikhususkan bagi para gamer, agar pengalaman bermain gim mobile menjadi lebih seru.

Lebih lanjut, untuk urusan daya, Black Shark diperkuat baterai jumbo 4.000mAh yang diklaim memiliki kemampuan pengisian cepat. Dengan kapasitas sebesar itu, smartphone bisa memainkan gim King of Glory selama lima jam non stop.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sistem Pendingin

Layaknya PC Gaming zaman sekarang, smartphone juga dilengkapi sistem pendingin untuk meredam panas saat terlalu lama bermain gim. Sistem ini bisa menurunkan suhu perangkat hingga delapan derajat.

Kemudian, layar smartphone sendiri memiliki ukuran cukup lebar, yakni 5,9 inci dengan aspek rasio 18:9 dan resolusi Full HD. Smartphone juga dilengkapi teknologi MEMC untuk membuat kualitas layar lebih tajam dan halus.

Walau dikhususkan untuk gaming, smartphone ini tetap memanjakan pengguna dengan kualitas kamera yang oke. Kamera utamanya ganda, dengan ukuran 12MP aperture f/1,75 dan pixel berukuran 1,25 micron, sedangkan kamera kedua berukuran 20MP dengan aperture f/1,75 dengan ukuran pixel 1,0 micron.

Lantas untuk kamera selfie, disematkan lensa berukuran 20MP dengan aperture f/2,2. Kamera selfie ini juga bisa merekam video 4K dalam framerate 30fps.

Adapun sejumlah fitur lain yang patut dilirik meliputi USB Type C, 4G VoLTE, GLONASS, APGS, dan dukungan Dual Sim. Smartphone juga dilengkapi sensor sidik jari pada tombol home di bagian depan.

3 dari 3 halaman

Shark GamePad

Untuk memaksimalkan pengalaman bermain gim, smartphone juga hadir bersama kontroler bernama Shark GamePad. Ia dikoneksikan via Bluetooth 5.0 dan memiliki baterai 340 mAh yang bisa bertahan hingga 30 jam.

Terakhir yang ditunggu-tunggu adalah harga. Untuk varian RAM 6GB dan memori internal 64GB, Black Shark dilepas seharga 2.999 Yuan atau setara dengan Rp 6,5 juta, sedangkan versi RAM 8GB dan memori internal 128GB dibanderol 3.999 Yuan atau Rp 7,6 juta. Sementara untuk aksesori Shark GamePad, dijual 179 Yuan atau cuma RP 390 ribu.

Black Shark sudah mulai memasuki masa pemesanan di Tiongkok. Ia sendiri baru akan dijual di ritel mulai 20 April 2018 dan tersedia dalam dua pilihan warna: Polar Night Black dan Sky Gray.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.