Sukses

Google Maps dan Waze Ternyata Beda Fungsi, Ini Penjelasannya

Google Maps dan Waze ternyata memiliki fungsinya masing-masing. Bagi kamu yang belum tahu, berikut penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu yang kerap traveling tentunya sering menggunakan aplikasi penunjuk arah. Ya, kini kamu enggak perlu ribet membawa peta atau takut tersesat karena sudah ada aplikasi peta yang akurat.

Di antara berbagai aplikasi yang menawarkan bantuan untuk orang-orang yang ingin bepergian, ada Google Maps dan Waze yang paling populer. Lalu, apa beda kedua produk Google itu?

Country Manager Waze Indonesia, Marlin R. Siahaan, menjelaskan kedua produk tersebut mempunyai fungsinya masing-masing. Google Maps sebagai aplikasi untuk penjelajahan perjalanan, dan Waze untuk navigasi.

"Google Maps is for discovery, Waze is for navigation. Jadi, orang kalau sudah di mobil biasanya langsung pakai Waze," ujar Marlin, dikutip GSM Arena, Kamis (12/4/2018).

Marlin menjelaskan pengguna Waze biasanya telah mengetahui lokasi yang ingin dituju.

"Dari titik mana mau ke mana. Saya dari sini mau ke Plaza Senayan, misalnya. Saya sudah tahu, jadi saya pakai Waze, supaya saya tahu jalan ke Plaza Senayan itu lebih cepat lewat mana," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Google Akuisisi Waze

Sementara, lanjut dia, Google Maps merupakan layanan pemetaan web untuk mengetahui apa saja yang dapat ditemukan dalam perjalanan.

"Di dalam Google Maps kita biasanya bisa tahu suatu lokasi, di situ apakah ada restoran atau yang lainnya. Kemudian, kita ke sana mau naik apa, mau naik mobil, motor, mau jalan kaki misalnya. Itu yang dilakukan orang menggunakan Google Maps," kata Marlin.

Untuk diketahui, Waze diakuisisi Google pada 2013. Layanan buatan perusahaan asal Israel tersebut kini telah dapat digunakan di 185 negara dengan lebih dari 50 bahasa dan suara.

Secara global, Waze saat ini memiliki 100 juta pengguna aktif per bulan. Di Indonesia, Marlin mengatakan, Waze telah memiliki empat juta pengguna aktif per bulan. Sementara Google Maps, baru saja diperbarui dengan dukungan untuk 39 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Reporter: Syifa Fauziah

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.