Sukses

5 Cara Mempercepat Pengisian Daya Smartphone Android

Meski tidak didukung fitur fast charging, kamu bisa mempercepat pengisian daya pada smartphone Android dengan 5 cara di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone kehabisan daya tentunya jadi hal yang menyebalkan, apalagi saat kamu sedang butuh-butuhnya untuk janjian dengan teman atau memesan transportasi online.

Kalau sudah begitu, rasanya pasti mengisi daya di tempat umum saat itu juga. Masalahnya pasti kamu tak memiliki waktu lama-lama karena harus segera menuju tempat tujuan. Lantas, apa yang harus dilakukan?

Rupnya ada trik yang bisa mempercepat agar durasi isi daya bisa lebih cepat, meskipun smartphone tak dibekali fitur pengisian daya cepat. Bagaimana caranya?

1. Gunakan USB yang Sesuai

Hal pertama yang harus dipastikan adalah kabel USB yang sesuai dengan perangkat. Masalah ini terdengar sederhana, tetapi sebenarnya kabel charger berpengaruh pada kecepatan pengisian daya.

Misalnya kamu tidak menggunakan kabel USB yang berasal dari boks smartphone, kecepatan isi daya pun berbeda dengan kabel USB bawaan.

Hal ini karena masing-masing kabel charger dibuat dengan material berbeda. Nah, kabel USB bawaan biasanya dibuat dengan logam yang mampu menghantarkan daya dengan baik. Terlebih, charger bawaan dibuat sedemikian mungkin agar sesuai dengan perangkatnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Matikan Smartphone Saat Diisi Daya

2. Matikan Smartphone Saat Diisi Daya

Saat mengisi daya, sebagian orang biasanya menyalakan smartphone-nya agar tetap bisa menerima notifikasi. Meski tidak dimainkan, aplikasi-aplikasi yang berjalan di backdoor ini tetap membutuhkan daya.

Untuk itu, jika kamu ingin smartphone cepat penuh ketika diisi daya, kamu bisa mematikan dahulu smartphone saat diisi daya agar aplikasi-aplikasinya juga mati. Pastikan juga untuk tidak memainkan smartphone saat sedang diisi daya.

Dengan demikian, daya yang masuk ke smartphone tidak akan berkurang lantaran digunakan untuk menyokong kinerja background aplikasi-aplikasi.

3 dari 5 halaman

Jangan Isi Daya di Tempat Panas

3. Jangan Isi Daya di Tempat Panas

Lokasi pengisian daya ternyata menentukan waktu pengisian daya. Sebaiknya, pengguna tidak mengisi daya smartphone di tempat-tempat panas.

Alasannya, hal ini bisa menghambat durasi pengisian daya kamu. Ketika smartphone berada di suhu yang panas secara tidak langsung kinerja smartphone akan meningkat.

4 dari 5 halaman

Aktifkan Airplane Mode

4. Airplane Mode

Selain menonaktifkan smartphone, kamu bisa mencoba cara lain yakni mengaktifkan aiplane mode atau mode pesawat terbang.

Alasannya saat smartphone menyala dengan paket data aktif, smartphone akan aktif mencari sinyal agar smartphone dapat digunakan.

Saat mencari sinyal inilah yang sebenarnya memakan daya. Apalagi jika tempat tersebut susah sinyal, pasti daya yang digunakan akan semakin besar.

Oleh karena itu, mengaktifkan airplane mode bakal menghindarkan smartphone dari upaya pencarian sinyal secara terus-menerus.

5 dari 5 halaman

Jangan Isi Daya di Mobil

5. Jangan Isi Daya di Mobil

Dalam kondisi urgent, pengguna seringkali mengisi daya di dalam mobil. Padahal arus daya di mobil yang masuk ke smartphone tidaklah stabil.

Untuk itu, mengisi daya di dalam mobil butuh waktu lebih lama dibandingkan mengisi daya langsung lewat stop kontak.

(Tin/Isk)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.