Sukses

Daftar Orang Terkenal Dunia yang Tinggalkan Facebook

Sejumlah pesohor memilih untuk meninggalkan Facebook dengan beragam alasan, salah satunya soal keamanan data yang kini menyeruak.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah solusi telah diambil Facebook untuk mengatasi skandal penyalahgunaan data pengguna yang dilakukan oleh Cambridge Analytica. Namun, nyatanya tak seluruh pengguna merasa solusi yang ditawarkan raksasa media sosial itu memuaskan.

Akibatnya, tak sedikit pengguna termasuk para pesohor memilih untuk mundur dari media sosial tersebut. Dikutip dari The Washington Post, Selasa (10/4/2018), salah seorang pesohor yang mengaku akan menghapus akun Facebook-nya adalah Steve Wozniak.

Co-Founder Apple itu mengatakan dirinya memang khawatir dengan aksi perusahaan seperti Facebook dalam mengelola data pengguannya. Bahkan, ia menuturkan memilih untuk membayar layanan Facebook agar tak ada lagi iklan yang di platform itu.

"Pengguna menyediakan tiap detail kehidupannya ke Facebook dan mereka membuatnya menjadi uang dengan iklan. Keuntungan itu berasal dari informasi pengguna, tapi pengguna tak mendapatkan keuntungan apa-apa," tuturnya.

Keputusan Wozniak ini mengikuti jejak sejumlah pesohor lain yang sudah lebih dulu melakukan serupa. Saat pertama kali skandal penyalahgunaan data ini menyeruak, pendiri WhatsApp Brian Acton juga menyerukan ajakan untuk menghapus Facebook.

"Inilah waktunya, #deletefacebook," kicau pria tersebut di akun Twitter-nya. Selain itu, ada pula sejumlah selebritis asal Amerika Serikat yang melakukan hal tersebut, mulai dari Jim Carrey, Will Ferrel, Rosie O'Donnell, termasuk musisi Cher.

Khusus untuk Jim Carrey, keputusan untuk menghapus akun Facebook miliknya sudah dilakukan sejak Februari tahun ini, sebelum skandal penyalahgunaan data mengemuka. Ia pun tak segan untuk menjual saham miliknya di media sosial itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Elon Musk Hapus Akun Facebook Tesla dan SpaceX

CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk, juga tak ketinggalan melakukan aksi serupa. Mulanya, Musk menanggapi kicauan Acton--pendiri WhatsApp--yang mentwit, "Sudah waktunya untuk #deletefacebook." Lewat akun @elonmusk, dia membalas, "What's Facebook?"

Para follower Musk pun meramaikan kicauan tersebut dan menantangnya menghapus laman Facebook milik perusahaannya. Pertama, seorang pengguna Twitter menantangnya untuk menghapus akun Facebook milik SpaceX.

"Aku tidak sadar SpaceX punya akun Facebook. Akan segera menghapusnya," jawab Musk membalas follower-nya.

Tidak berhenti di situ, seolah tidak puas follower Musk juga menantangnya untuk menghapus akun Facebook resmi Tesla disertai screenshot profil Tesla.

"Pastinya. Itu terlihat norak," kata Musk menjawab permintaan follower.

Tanpa berpikir panjang, kedua akun Facebook milik perusahaan Musk, Tesla dan SpaceX pun dihapus.

3 dari 3 halaman

Playboy Hapus Akun Facebook Demi Lindungi Penggemarnya

Tak hanya perseorangan, aksi menghapus Facebook juga dilakukan oleh Playboy. Menurut Playboy, sejak dulu mereka memang sudah tidak nyaman dengan Facebook karena aturan konten dan kebijakannya yang ketat.

Akibatnya, Playboy harus menahan diri perihal konten yang mereka bagikan ke penggemar. Playboy mengaku meninggalkan lebih dari 25 juta penggemar yang menikmati konten mereka di Facebook demi keselamatan privasi mereka.

"Kabar belakangan ini tentang dugaan mismanagement Facebook terkait data pengguna telah memperkuat keputusan kami untuk menyetop aktivitas di platform itu pada saat ini," ujar Playboy dalam keterangannya. 

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.