Sukses

Xiaomi Mi A2 dan Redmi Y2 Segera Dirilis, Kapan?

Berdasarkan informasi source code dari laman resmi Xiaomi, Xiaomi Mi A2 dan Redmi Y2 kemungkinan segera rilis di India.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi disebut-sebut tengah mengembangkan penerus smartphone Mi 5X yang diperkenalkan Juli 2017. Sekadar diketahui, Mi 5X dirilis sebagai smartphone Android One (Mi A1) di luar Tiongkok.

Oleh karenanya, penerus Mi 5X yakni Mi 6X kemungkinan dirilis sebagai Mi A2 di luar negaranya.

Mengutip laman Gizmochina, Selasa (10/4/2018), berdasarkan informasi, seorang tipster berhasil menemukan referensi dari source code versi India di laman resmi Xiaomi yang menunjukkan Mi A2 dan Redmi Y2.

Hal ini menunjukkan bahwa Xiaomi Mi A2 dan Redmi Y2 kemungkinan dirilis di India dalam waktu dekat.

Adapun informasi yang tersedia di situs resmi Xiaomi mengenai itu antara lain adalah adanya tulisan "Mi A2 Hard Case", "Redmi Y2 Perforated Case Black", "Redmi Y2 Perforated Case Blue".

Sejauh ini informasi tersebut sudah dihapus dari laman resmi Xiaomi. Pun demikian tipster tersebut sudah sempat mengambil screenshot informasi itu.

Mi A2 kemungkinan dirilis sebagai Android One seperti pendahulunya. Kemungkinan Mi A2 hadir dengan spesifikasi serupa dengan Mi 6X.

Rumor sebelumnya menyebut perangkat tersebut hadir dengan layar IPS seluas 5,99 inci yang telah mendukung resolusi FHD+ dan aspek rasio 18:9.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sekilas tentang Mi A2

Kemungkinan Mi A2 hadir dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB. Ada juga versi RAM 6GB dan memori internal 128GB.

Kemampuan fotografinya didukung dengan kamera ganda dengan sensor 12MP dan 20MP. Sementara, kemampuan selfie-nya didukung kamera depan 20MP yang juga hadir pada Redmi Note 5 Pro --sudah dirilis di India Februari lalu--.

Soal prosesor, Mi A2 didukung dengan chipset Snapdragon 636 dan kapasitas baterai 2.910mAh.

Tahun lalu, Xiaomi telah memperkenalkan Redmi Note 5A dan Redmi Note 5A Prime di Tiongkok. Smartphone ini kemudian dirilis sebagai Redmi Y1 Lite dan Redmi Y2 di India.

Dengan informasi dari source code tersebut, perusahaan kemungkinan memperkenalkan Redmi Y2 Lite bersamaan dengan Redmi Y2. Sayangnya belum ada informasi spesifikasi, fitur, dan harga dari Redmi Y2 dan Redmi Y2 Lite.

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Mi A2

Lantaran Mi A1 hadir dengan dukungan Android One, Mi A2 kemungkinan juga akan didukung Android One.

Android One sendiri merupakan program bagi smartphone yang hadir dengan versi antarmuka Android murni, tanpa ada banyak aplikasi. Para pengguna di India banyak memberikan apresiasi atas kehadiran Android One dari Xiaomi ini.

Xiaomi Mi A2 disebut-sebut akan hadir dengan bodi unibody metal, garis antena di bodi atas dan bawahnya, seperti pada Mi A1.

Namun, tidak seperti Mi A1, peletakan kamera Mi A2 tidak diletakkan sejajar tetapi vertikal, mirip dengan kamera milik Mi MIX 2S dan Redmi Note 5 Pro.

Bodi depan smartphone ini memiliki layar seluas 5,99 inci FHD+ dengan aspek rasio 18:9.

Laporan terbaru juga menyebut, Mi A2 akan hadir dengan kapasitas baterai yang lebih kecil, yakni 2.910 mAh. Mi A2 juga didukung dengan dual slot SIM card.

Seperti Mi A1, Mi A2 juga akan dibekali dengan port USB tipe C. Kendati demikian, smartphone ini disebut-sebut akan memiliki bodi ramping, yakni 7,33mm. Sekadar diketahui, Mi A1 juga memiliki bodi yang sama tapi aspek rasionya bukan 18:9.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.