Sukses

Facebook Poles Citra Mark Zuckerberg Sebelum Bersaksi di Kongres

Pihak Facebook mempersiapkan bos mereka secara komprehensif agar Zuckerberg bisa menghadapi Kongres dengan anggun dan menarik simpati.

Liputan6.com, Jakarta - Hanya dalam hitungan jam, Mark Zuckerberg akan bertamu ke Capitol Hill di Washington, DC. Rencananya, Zuckerberg akan bersaksi selama dua hari di depan Kongres Amerika Serikat, yaitu pada tanggal 10 dan 11 April waktu setempat.

Bila kamu pernah menonton film The Social Network, tentunya kamu tahu pria yang akrab dipanggil Zuck ini memiliki citra cowok yang terobsesi dengan platform digital.

Meskipun itu hanya film, ternyata di dunia maya pun Zuckerberg sering jadi bahan meme karena kepribadiannya yang canggung saat berbicara di depan publik.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan ketika bersaksi di depan Kongres, pihak Facebook berusaha memoles citra bos mereka agar tampak lebih mempesona, demikian laporan The New York Times, Selasa (10/4/2018).

Langkah yang diambil Facebook adalah mendatangkan para konsultan untuk memberikan kursus ke sang CEO agar lebih siap baik secara soft skills, maupun teknis.

Para ahli yang didatangkan adalah mantan asisten khusus Presiden George W. Bush yang akan mengajarkan Zuckerberg tentang hal-hal yang berhubungan dengan keanggunan sikap saat berhadapan dengan anggota Kongres.

Selain itu, Facebook juga memakai jasa firma hukum WilmerHale beserta konsultan lainnya untuk melatih pertanyaan-pertanyaan apa yang sekiranya akan ditanya oleh pihak Kongres.

Kabarnya, Zuckerberg diajarkan agar tidak terlalu defensif saat bersaksi di depan Kongres, dan supaya poin-poin yang ingin dia utarakan dapat tersampaikan dengan jelas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berganti Penampilan

Salah satu yang terlihat dari transformasi Zuckerberg adalah penampilannya.

Selama ini pria berusia 33 tahun tersebut selalu memakai baju abu-abu dalam setiap kesempatan.

Penampilan sederhana bos teknologi memang sudah dijadikan citra tersendiri bagi mereka, kultur ini dimulai dengan pendiri Apple Steve Jobs yang dikenal selalu mengenakan baju turtleneck berwarna hitam.

Menjelang kedatangannya ke Kongres, Zuckerberg sudah terlihat mengenakan pakaian yang lebih formal, dengan jas dan dasi.

3 dari 3 halaman

Jadwal Bos Facebook di Capitol Hill

Zuckeberg akan memberi keterangan di Capitol Hill pada 10 April 2018 waktu AS.

Pertama, ia akan bersaksi di depan komite gabungan Senat. Esok harinya, 11 ia dipanggil oleh komite perdagangan DPR.

Orang-orang terkait Cambridge Analytica juga mengaku siap apabila diminta memberi keterangan di depan Senat. 

Di antaranya adalah Christopher Wylie yang pertama kali membocorkan kasus ini, dan Aleksandr Kogan, seorang akademisi pembuat kuis Facebook yang ternyata memanen data-data pengguna. 

Wylie dan Kogan masih saling menyalahkan, sebab Kogan menuding dirinya hanya diajak Wylie bergabung ke proyek Cambridge Analyrica.

(Tom/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.