Sukses

5 Aplikasi Android Paling Bikin Boros Kuota, Apa Saja?

Selain memakan memori, ada juga sejumlah aplikasi yang membuat kuota boros. Berikut adalah lima di antaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Perangkat Android punya berjuta aplikasi yang bisa diinstal dari toko aplikasi Google Play Store. Aplikasi-aplikasinya pun beragam, dari yang paling ringan sampai yang memakan memori.

Selain memakan memori, ada juga sejumlah aplikasi yang membuat kuota boros. Berikut adalah lima di antaranya.

1. Facebook

Jejaring sosial Facebook yang kini banyak dibicarakan karena isu kebocoran data memang punya jumlah pengguna aktif mencapai 2 miliar. Untuk memudahkan pengguna mengakses Facebook, mereka pun mengunduh aplikasinya di smartphone.

Bisa dibilang hampir semua pengguna smartphone selalu punya aplikasi Facebook di perangkatnya.

Namun sadarkah kamu kalau aplikasi media sosial ini tergolong sebagai salah satu aplikasi yang paling boros?

Yang membuat boros adalah sejumlah fitur inovatif di dalamnya, misalnya saja autoplay video yang memungkinkan pengguna langsung menonton video di News Feed tanpa memencet play.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Instagram

Instagram merupakan aplikasi yang juga dimiliki oleh Facebook. Aplikasi ini memang jadi salah satu yang paling populer di dunia, di Indonesia sendiri user Instagram tercatat mencapai 50 juta orang.

Serupa dengan Facebook, fitur Instagram yang terus bertambah membuatnya jadi salah satu aplikasi paling banyak memakan kuota data.

Misalnya dengan kehadiran pemutar video otomatis sampai layanan Instagram Stories dengan filter wajahnya. 

3 dari 5 halaman

3. Netflix

Video membuat pemakaian kuota data di dunia naik berkali lipat dibanding sebelum video booming. Hal ini dipengaruhi dengan makin cepatnya koneksi internet dan kehadiran layanan video on demand.

Kalau kamu pecinta film dan serial televisi, mungkin kamu memiliki aplikasi Netflix yang memungkinkan nonton film secara streaming.

Nah, karena streaming inilah kuota data kamu cepat habis.

4 dari 5 halaman

4. Snapchat

Sejak awal kehadirannya, Snapchat memang mengunggulkan fitur Snap, yakni berbagi status dengan video pendek.

Bagi kamu yang hendak membagikan Snap atau menonton unggahan Snap dari teman atau selebritas, tentu butuh jumlah data yang cukup besar.

Dengan update fitur baru pada Snapchat, membuat aplikasi ini jadi boros kuota.

5 dari 5 halaman

5. Spotify

Senang mendengar musik tetapi tidak ingin memori smartphone habis dipakai untuk menyimpan file musik? Jawabannya dengan mengunduh Spotify.

Layanan streaming musik ini termasuk yang bisa bikin penggunanya boros paket data. Bagaimana tidak, streaming membutuhkan lalu lintas data yang terus berjalan terutama kalau kamu ingin mendengar musik berkualitas tinggi.

(Tin/Ysl)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.