Buah Hati Kecanduan Main Gadget? Jauhkan Dia dengan 4 Cara Ini

Oleh Liputan6.com pada 06 Apr 2018, 19:30 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 18:22 WIB
Bahaya Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Anak-anak zaman sekarang tidak pernah lepas dari yang namanya gadget. Tak jarang anak asyik dengan gadget-nya, mereka seolah menemukan dunianya sendiri, sehingga gadget menjadi barang wajib yang perlu dibawa ke mana sana. Dan ini yang membuat anak ketergantungan dengan gadget.

Jika memiliki anak yang sudah mengalami kecanduan gadget, maka jangan hanya tinggal diam, melainkan carilah cara atau panduan untuk menghilangkannya. Berikut tips atau cara agar anak lepas dari kecanduan gadget.

2 of 5

1. Batasi Waktu Penggunaan Gadget

[Bintang] Ilustrasi Anak Main Gadget
Jangan langsung dimarahi, ternyata main game pun miliki manfaat untuk tumbuh kembang anak. (Sumber Foto: Curtain News - Curtin University)

Cara ini menjadi cara yang sederhana agar anak-anak tidak lagi mengalami ketergantungan dari gadget. Durasi penggunaan gadget harus dibatasi.

Misalnya salam sehari hanya boleh bermain gadget selama 1 jam saja. Tentukan jadwal yang sama setiap harinya. Misalnya, hanya boleh bermain gadget setelah bangun tidur di siang hari.

Jangan sampai anak-anak semakin kecanduan, terlebih lagi jika gadget yang kamu berikan mendukung banyak game-game dan fitur-fitur lain yang mumpuni. Maka anak kamu akan sulit untuk terlepas dari gadget tersebut. Disini sikap orang tua harus konsisten dan tegas.

3 of 5

2. Mengalihkan Perhatian Anak dengan Permainan Lain

Main Gawai Bikin Anak Lambat Bicara
Mengenalkan anak pada gawai atau "gadget" terlalu dini ternyata menyebabkan anak menjadi terlambat dalam berbicara

Mengalihkan perhatian anak merupakan cara paling baik. Mengganti aktivitas gadget dengan permainan fisik yang menarik dapat mengasah kemampuan anak.

Ajak atau berikan permainan yang dapat mengalihkan perhatian si kecil dari gadget, misalnya membuat kerajinan tangan, membuat mainan kardus atau membuat kue di dapur.

Dengan perbanyak aktivitas olahraga seperti berenang, buku tangkis, tenis, atau bela diri. Itu lebih bermanfaat. mengajak anak untuk mengenal alam juga menjadi solusi agar anak lupa dengan gadget.

Aktivitas fisik sangat penting untuk menunjang tumbuh kembangnya, jadi lebih baik alihkan pada kegiatan yang bermanfaat.

4 of 5

3. Menjauhkan Gadget dari Jangkauan Anak

Bahaya Bila Ortu Membiarkan Begitu Saja Anak Pegang Gadget
Lahir di era 90-an ke bawah dan terpapar teknologi membuat generasi sekarang lebih akrab menggunakan "gadget" daripada orang tua mereka.

Jauhkan gadget dari jangkauan anak. Jika anak sudah memiliki gadget sendiri, ada baiknya orang tuanya menyimpan, sehingga tidak mudah dipakainya bermain semaunya. Simpan gadget di tempat aman yang tidak diketahui anak sehingga tidak mudah diambil dan dipakai bermain.

5 of 5

4. Luangkan Waktu Sebagai Orang Tua

Liburan Bersama Anak Lebih Baik Ketimbang Memberikan Gadget
Liburan bersama anak terbukti lebih banyak memberikan manfaat terhadap tumbuh kembang mereka ketimbang memberikannya gadget

Karena kesibukan orang tua yang tidak ada waktu bersama dengan anak. Ini yang menyebabkan anak menyibukkan diri dengan gadgetnya.

Untuk itu sebagai orang tua, luangkan waktu bersama anak. Walau itu hanya sekadar ngobrol santai di rumah atau melakukan aktivitas bersama yang menambah keakraban anak dengan orang tua.

Dengan kehadiran orang tua, anak tidak lagi merasakan kesepian dan perhatian serta kasih sayang orang tua anak dapatkan sehingga tidak perlu lagi gadget sebagai pelarian.

Reporter: Syifa HanifahSumber: Merdeka.com

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓