Sukses

7 Tips Bikin Playlist Spotify Makin Nampol

Mulai dari kesunyian hutan, nyanyian burung, sampai hujan badai, ternyata ada banyak yang bisa kamu nikmati Spotify. Berikut cara menikmatinya beserta tips lain untuk pengguna Spotify.

Liputan6.com, Jakarta - Zaman sekarang, aplikasi Spotify wajib tersedia di smartphone atau laptop generasi milenial.

Kehadiran Spotify tak sekadar untuk mendengarkan lagu, melainkan untuk melakukannya secara legal agar membantu para musisi, serta untuk memudahkan pengguna untuk menemukan musik-musik terbaru.

Biaya berlangganan Spotify juga terjangkau yakni di bawah Rp 55 ribu tiap bulannya. Tentunya dengan memakai Spotify kamu juga membantu para musisi favoritmu dengan tidak mendengarkan musik secara ilegal.

Bagi pengguna Spotify, berikut Tekno Liputan6.com rangkum tujuh tips memakai Spotify agar kamu bisa lebih menikmati platform tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Mainkan Lewat Suara

Sekarang pengguna Google Assistant bisa memakai perintah suara untuk memainkan musik lewat aplikasi Spotify. Tapi ternyata kamu juga bisa dengan mudah memakai fitur Google Voice Search yang ada di browser.

Kamu tinggal tekan tombol mic di kanan search bar yang ada di Google, lalu ucapkan judul lagu seperti "Play Back to December" atau "Mainkan Back to December" (tergantung bahasa yang kamu pakai), setelahnya otomatis lagu akan dimainkan di Spotify.

3 dari 8 halaman

2. Dengarkan Suara Alam

Tahukah kamu, kalau di Spotify tidak hanya berisi lagu-lagu, melainkan juga menghadirkan suara alam?

Contoh, carilah Nature Sounds di Spotify, maka akan muncul berbagai pilihan suara alam seperti air terjun, suara hutan di malam hari, atau suara hujan badai.

Coba pula cari Gentle Rains, bila kamu ingin mendengar beragam suara hujan, mulai dari yang deras sampai redam.

Dan mungkin yang paling enak adalah Bird Sounds yang menghadirkan kemerduan para burung. Musik-musik tersebut cocok untuk menenangkan pikiran.

4 dari 8 halaman

3. Atur Kualitas Musik

Bila kamu sedang memakai kuota pribadi atau koneksi internet sedang lelet, maka ada baiknya kamu mengatur kualitas lagu yang kamu mainkan agar sesuai keadaan koneksi.

Masuk ke Pengaturan/Settings, lalu di bagian bawah ada bagian Kualitas Musik, lalu pilih Kualitas Otomatis yang akan menyesuaikan kualitas lagu sesuai kecepatan koneksi, atau bila ingin hemat kuota, pilih Kualitas Normal.

5 dari 8 halaman

4. Rahasiakan Lagu

Lewat Spotify, kamu, kerabat, maupun sahabat bisa saling melihat lagu apa yang sedang masing-masing dengarkan.

Hal itu jelas seru, tapi bisa juga mengganggu, karena bisa saja kamu ingin mendengarkan lagu Red Velvet tapi malu ketahuan teman.

Jangan khawatir, cukup pilih Pengaturan/Settings, lalu aktifkan fitur Sesi Pribadi/Private Session. Selesai. Kamu bisa mendengarkan lagu dengan bebas tanpa judgement dari siapapun.

Fitur ini akan terus aktif kecuali kamu tidak memakai Spotify selama enam jam.

6 dari 8 halaman

5. Atur Tahun Lagu

Ingin mendengarkan lagu Taylor Swift, tetapi lebih suka album-albumnya yang dulu?

Ada solusinya, di search bar kamu cukup menulis Taylor Swift year:2008-2011 (jangan lupa berikan spasi setelah tahun terakhir).

Hasilnya, kamu akan disajikan lagu-lagu Taylor Swift yang rilis antara 2008 dan 2010 saja, dan tinggal langsung klik "lihat semua lagu" untuk melihat semua pilihan yang ada.

Fitur ini berlaku untuk semua penyanyi. Contoh: Snow Patrol year:2008-2010 atau Katy Perry year:2008-2012.

7 dari 8 halaman

6. Bikin Playlist Bareng

Untuk kamu yang punya pacar atau squad, buatlah daftar lagu bersama-sama agar lebih seru.

Gunakan fitur Jadikan Kolaboratif/Collaborative agar isi sebuah playlist bisa diatur bersama.

Caranya, buat playlist baru atau bisa juga pilih playlist yang sudah kamu punya sebelumnya, lalu klik tab menu di sebelah kanannya, kemudian pilih Jadikan Kolaboratif/Make Collaborative, lalu kirim link dari playlist itu ke orang yang dituju agar ia bisa menambahkan lagu.

8 dari 8 halaman

7. Ketahui Shortcut

Bila kamu memakai Spotify di laptop atau PC, ketahui beberapa shortcut berguna untuk melaksanakan perintah.

Contoh: klik Ctrl-N untuk membuat playlist baru, Ctrl-Up atau Down untuk mengatur volume, dan lain-lainnya.

Klik di sini untuk melihat daftar lengkapnya. 

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.