Sukses

Sinyal Smartphone Sering Hilang? Coba Cara Ini

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk 'mendapatkan' sinyal smartphone yang sering hilang.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu yang sering menggunakan perangkat smartphone, pasti pernah mengalami situasi dimana sinyal seluler mendadak hilang. Pastinya, aktivitas kamu nonton video di instagram atau main gim pun akan terganggu dan otomatis bikin kesal.

Ya, sinyal smartphone yang sewaktu-waktu hilang itu memang tidak dapat dihindari. Faktor penyebab sinyal seluler hilang pun cukup beragam.

Adapun beberapa hal itu terjadi disebabkan karena, posisi kamu sedang diluar cakupan area jaringan, faktor cuaca, perbaikan jaringan oleh operator, kerusakan pada hardware smartphone, dan ada aplikasi atau software yang bermasalah.

Kendati begitu, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan sinyal itu kembali. Berikut ini adalah caranya.

1. Restart Smartphone

Ini merupakan cara paling mudah dan praktis untuk mengatasi permasalahan ini. Dengan melakukan restart, smartphone akan memulai semua proses dari awal dan secara otomatis akan mencari jaringan baru.

Me-restart smartphone juga bisa mengatasi berbagai masalah yang muncul selain sinyal hilang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Airplane Mode

Nyalakan Airplane Mode. (Istimewa)

Cukup aktifkan Airplane Mode atau mode pesawat di smartphone kamu. Biarkan beberapa saat lalu non-aktifkan mode tersebut. Cara ini membuat perangkat untuk mencari server jaringan baru yang lebih baik.

3. Cari Jaringan Secara Manual

Untuk memilih jaringan secara manual, kamu bisa masuk ke Settings -> Network & Connections -> Mobile Network -> pilih Operator -> Select Automatically.

Smartphone akan mencoba terkoneksi pada jaringan yang sudah terdeteksi.

 

3 dari 3 halaman

4. Pindah ke Ruang Terbuka

Ilustrasi susah sinyal (pixabay.com)

Jika kamu berada di dalam ruang dan tiba-tiba sinyal 4G kamu hilang, kemungkinan besar smartphone kamu sedang tak bisa menangkap penuh sinyal 4G di tempat tersebut.

Salah satu hal yang bisa dilakukan saat berada dalam kondisi seperti ini adalah dengan pindah ke luar ruangan. Dengan demikian, sinyal 4G akan muncul kembali dan bisa digunakan untuk internetan.

5. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Jika kamu menggunakan aplikasi penguat sinyal 4G terbaik pada smartphone, sinyal yang ada pada smartphone tidak akan gampang hilang secara tiba-tiba. Aplikasi-aplikasi semacam ini bisa kamu temukan di toko aplikasi Google.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com. 

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.