Sukses

4 Bahaya Angkat Telepon dari Nomor Tak Dikenal

Pernahkan mendapat panggilan dari nomor tak dikenal, simak empat potensi bahaya jika kamu menerima panggilan dari nomor tak dikenal berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun sudah banyak aplikasi pesan yang menawarkan panggilan telepon dan panggilan video, layanan telepon langsung menggunakan nomor telepon tetap digemari pengguna.

Bagaimana tidak, layanan panggilan bisa dibilang lebih stabil, tak terganggu dengan koneksi internet lemot sehingga relatif lebih bisa diandalkan.

Sayangnya, saat ini kian banyak orang yang menyalahgunakan fungsi telepon. Terbaru, pengguna telepon seluler mengeluhkan dirinya menerima panggilan tak terjawab (missed call) dari nomor-nomor asing, misalnya dari Kongo atau Kenya.

Lalu, sebenarnya bahaya apa yang mengintai jika kita sembarangan mengangkat panggilan masuk dari nomor tak dikenal?

1. Penipuan Melalui Telepon

Tidak hanya melalui pesan singkat, penipuan oleh pihak tak bertanggung jawab juga banyak dilakukan melalui panggilan telepon.

Para penipu membuat percakapan seprofesional mungkin, misalnya menyamar menjadi operator yang menawarkan iming-iming hadiah berupa uang tunai atau mobil.

Ujung-ujungnya, bisa saja korban diminta untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening para penipu.

Untuk itu, sebaiknya hindari menerima panggilan masuk dari nomor tak dikenal, apalagi yang tiba-tiba menawarkan hadiah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Curi Informasi

2. Pencuri Informasi

Informasi atau data pribadi adalah hal yang sangat berharga. Ambil kasus, kamu mendapat telepon yang mengaku sebagai penyedia kartu kredit.

Mereka yang mengaku dari pihak partner untuk memberikan kartu khusus ini biasanya akan meminta nomor kartu kredit juga angka CVC milik korban. Padahal, angka CVC merupakan angka rahasia yang bisa digunakan untuk transaksi.

Ada juga yang menanyakan informasi orang terdekat dan informasi pribadi calon korbannya. Tujuannya para penipu ini sedang berupaya mendapatkan informasi pribadi sehingga bisa dipakai untuk melakukan aksi penipuan.

3. Sekali Diangkat Nomor Akan Disimpan

Banyak penjahat yang mengacak nomor untuk mencari target korban. Sekali kamu mengangkat panggilan dari nomor tidak jelas, nomor kamu akan disimpan. Oleh karena itu, mereka bisa kembali menghubungi untuk melancarkan modus-modus terbarunya.

3 dari 3 halaman

Missed Call Nomor Luar Negeri Sedot Pulsa

4. Missed Call Nomor Luar Negeri Sedot Pulsa

Beberapa hari belakangan ini sejumlah warganet di Tanah Air dibuat bingung oleh nomor luar negeri yang tak dikenal, dan melakukan panggilan tak terjawab atau missed call.

Tak tanggung-tanggung, nomor misterius tersebut melakukan lebih dari satu kali missed call dan dari negara yang berbeda-beda.

Sekadar informasi, kasus panggilan misterius ini bukan hanya terjadi di Indonesia saja. Dilansir dari ScamWatch, hal serupa juga terjadi terhadap penduduk di Australia.

Trik penipuan yang dikenal dengan "Wangiri" yang dalam bahasa Jepang berarti "panggilan tak terjawab" ini sudah terjadi sejak awal tahun 2000-an.

Triknya, pelaku akan melakukan panggilan secara acak dan langsung menutup panggilan tanpa meninggalkan pesan. Dengan cara begini, korban yang tanpa sadar akan menelepon balik.

Pada saat itulah tagihan telepon korban akan membengkak. Tagihan ini yang kemudian masuk ke kantong pelaku penipuan tersebut.

(Tin/Isk)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.