Sukses

5 Jurusan Kuliah Jebolan Para Bos Teknologi Beken

Para punggawa perusahaan teknologi sudah menjadi langganan di daftar orang-orang terkaya di dunia. Lantas, ilmu apa yang dulu orang-orang ini pelajari saat menjadi mahasiswa?

Liputan6.com, Jakarta - Awal abad 21 ditandai dengan merebaknya teknologi yang terus memberikan sumbangsih dalam kehidupan manusia.

Munculnya beragam teknologi tersebut tidak lepas dari kehadiran para pemikir yang berani melawan pemikiran kolot, yakni dengan cara berinovasi.

Mereka tidak takut menerapkan inovasi mereka walaupun berbeda dari pola pikir orang-orang pada umumnya.

Tentu saja para punggawa perusahaan teknologi itu memiliki perjalanan kehidupannya masing-masing sebelum meraih kesuksesan. Salah satu jalan yang mereka lalui adalah masa universitas, walaupun tidak semua menyelesaikannya.

Lantas, apa saja jurusan-jurusan universitas S1 yang diambil para bos teknologi? Berikut Tekno Liputan6.com hadirkan daftarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Ilmu Komputer

Tentu saja jurusan yang ini paling populer di bidang teknologi. Ilmu komputer merupakan jurusan yang paling banyak mencetak sejumlah orang sukses di bidang teknologi, mulai dari Jeff Bezos (pendiri Amazon), Sergey Brin dan Larry Page (pendiri Google), Lei Jun (pendiri Xiaomi) hingga Steve Wozniak (pendiri Apple)/

Sampai saat ini, ilmu komputer dipandang sebagai jurusan yang lulusannya paling dicari-cari, apalagi Indonesia menargetkan menjadi negara ekonomi terbesar. Otomatis, SDM yang mahir komputer akan populer di pasar kerja.

3 dari 6 halaman

2. Teknik

Jurusan teknik jelas tidak jauh dari dunia teknologi. Tokoh seperti Satya Nadella (CEO Microsoft saat ini) mengambil jurusan teknik elektro dari Institut Teknologi Manipal. Pendiri Spotify Daniel Ek juga kuliah jurusan teknik sebelum dropout.

Jeff Bezos selaku pendiri Amazon juga ternyata memiliki gelar teknik elektro selain ilmu komputer di Universitas Princeton. Sama halnya seperti Jong-Kyun Shin, CEO Samsung, yang belajar teknik elektro di Universitas Kwangwoon.

Tim Cook (CEO Apple) juga memiliki gelar teknik industri. Begitu pun Sundar Pichai (CEO Google) yang kuliah jurusan teknik metalurgi.

4 dari 6 halaman

3. Fisika

Akio Morita, salah satu pendiri Sony, adalah lulusan jurusan fisika di Universitas Osaka.

Mungkin alumnus jurusan fisika yang saat ini paling terkenal adalah Elon Musk, pendiri SpaceX dan Tesla, yang berambisi membangun pemukiman di Mars.

5 dari 6 halaman

4. Psikologi

Banyak yang mengira Mark Zuckerberg kuliah jurusan komputer di Universitas Harvard, penyebabnya adalah karena pria yang akrab dipanggil Zuck ini hobi menghadiri kelas-kelas komputer.

Namun, ternyata Zuck memiliki dua konsentrasi jurusan, yakni ilmu komputer dan psikologi. Ia tidak menyelesaikan kuliahnya karena memilih keluar dari Harvard untuk mengurus situs TheFacebook yang ia dirikan bersama teman-temannya.

6 dari 6 halaman

5. Sastra Inggris

Ini mungkin yang paling mengejutkan. Ternyata Jack Ma yang membangun Alibaba menjadi raksasa e-Commerce dari Tiongkok memilih kuliah jurusan Sastra Inggris di Hangzhou, kota kelahirannya.

Nama "Jack" yang ia miliki juga berasal dari salah satu bule yang ia kenal (nama asli Jack Ma adalah Ma Yun).

Ketika muda, pria asal Hangzhou ini rela mengendarai sepeda sejauh 112 kilometer agar dapat bekerja sebagai pemandu untuk para turis agar ia bisa latihan Bahasa Inggris. Ia melakukannya selama sembilan tahun.

Sekarang, Jack Ma sudah menjadi sosok paling legendaris dalam dunia teknologi dan bisnis di Asia.

Itulah lima jurusan kuliah para pemuka teknologi di dunia. Ada yang memang kuliah di bidang teknologi, dan ada juga yang tidak tapi tidak kalah sukses. Ya, jalan hidup orang memang berbeda-beda.

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.