Spesifikasi Xiaomi Mi A2 Bocor, Apa Segera Meluncur?

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 30 Mar 2018, 10:00 WIB
Diperbarui 01 Apr 2018, 09:13 WIB
Mi A1

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah smartphone Xiaomi dengan model number M1804D2SC yang diduga sebagai Mi A2 muncul di laman sertifikasi Tiongkok TENAA. Di Tiongkok, Mi A2 dikenal dengan nama Mi 6X.

Mengutip laman Tech Radar, Jumat (30/3/2018), Mi A2 dipercaya sebagai penerus Mi A1 dan di Tiongkok kemungkinan bernama Mi 6X. Smartphone ini diduga akan segera rilis di negara asalnya dalam waktu dekat ini.

Lantaran Mi A1 hadir dengan dukungan Android One, Mi A2 kemungkinan juga akan didukung Android One.

Android One sendiri merupakan program bagi smartphone yang hadir dengan versi antarmuka Android murni, tanpa ada banyak aplikasi. Para pengguna di India banyak memberikan apresiasi atas kehadiran Android One dari Xiaomi ini.

Xiaomi Mi A2 disebut-sebut akan hadir dengan bodi unibody metal, garis antena di bodi atas dan bawahnya, seperti pada Mi A1.

Namun tidak seperti Mi A1, peletakan kamera Mi A2 tidak diletakkan sejajar tetapi vertikal, mirip dengan kamera milik Mi MIX 2S dan Redmi Note 5 Pro.

Bodi depan smartphone ini memiliki layar seluas 5,99 inci FHD+ dengan aspek rasio 18:9.

Laporan terbaru juga menyebut, Mi A2 akan hadir dengan kapasitas baterai yang lebih kecil, yakni 2.910 mAh. Mi A2 juga didukung dengan dual slot SIM card.

2 dari 3 halaman

Dukungan USB Tipe C

Menatap Manuver Google Bersama Android One
Google ingin semakin banyak orang menggunakan smartphone dan merasakan keuntungan menggunakan internet.

Seperti Mi A1, Mi A2 juga akan dibekali dengan port USB tipe C. Kendati demikian, smartphone ini disebut-sebut akan memiliki bodi ramping yakni 7,33mm. Sekadar diketahui, Mi A1 juga memiliki bodi yang sama namun aspek rasionya bukan 18:9.

Xiaomi belum memberikan petunjuk tentang peluncuran dalam waktu dekat, kendati begitu perangkat ini kemungkinan akan memulai debutnya di Tiongkok.

Sekadar diketahui, Mi A1 merupakan smartphone Xiaomi pertama dengan dukungan Android Stock, dan tanpa antarmuka MIUI. Mi A1 juga merupakan smartphone terjangkau dengan dukungan lensa telephoto yang menghasilkan latar belakang blur alias bokeh.

3 dari 3 halaman

Xiaomi Mi A1

Xiaomi
Xiaomi Mi A1. Liputan6.com/Iskandar

Berbeda dengan smartphone Xiaomi lain, Mi A1 merupakan smartphone Android One hasil kerja sama antara Google dan Xiaomi.

Android One sendiri adalah program Google bekerja sama dengan sejumlah vendor smartphone untuk menciptakan perangkat dengan harga terjangkau bagi negara berkembang.

Mi A1 sendiri hadir dengan desain yang identik dengan Mi 5X. Ia mengusung layar 5,5 inci Full HD 2,5D berbalut material Corning Gorilla Glass.

Adapun rangka bodinya tetap mengadopsi konsep unibody dengan lekukan pinggir melengkung. Dan secara keseluruhan, bodi Mi A1 dibalut dengan material aluminium yang membuatnya tampak lebih elegan.

Xiaomi mengklaim, Mi A1 juga tampil dengan fisik lebih fisik dan ringan. Bobotnya cuma 165 gram, sedangkan dimensinya 155.4 x 75,8 x 7,3 mm. Untuk pilihan warna, ia hadir dalam tiga varian warna: Gold, Rose Gold, dan Black.

Menyoal dapur pacu, Mi A1 dipersenjatai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core, RAM 4GB dan memori internal 64GB yang bisa diekspansi dengan kartu microSD.

Untuk urusan kartu grafis, smartphone dilengkapi dengan GPU Adreno 506. Adapun kapasitas dayanya ditopang baterai 3.080mAh. 

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓