Tak Disangka, 5 Rapper Kece Ini Terjun ke Dunia Startup

Oleh Liputan6.com pada 28 Mar 2018, 07:00 WIB
Diperbarui 30 Mar 2018, 06:13 WIB
[Bintang] Drake

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang unik di industri hiburan Amerika Serikat. Ternyata, beberapa para rapper kondang di sana sangat dekat dengan dunia teknologi dan startup.

Tanpa banyak ramai di media arus penting, beberapa musisi hip-hop terkenal ternyata punya portofolio menarik di dunia startup teknologi. Nama-nama seperti Jay-Z hingga Drake pun tentu tak kamu sangka merupakan pegiat startup.

Berikut beberapa musisi rapper yang berkiprah juga di dunia teknologi.

2 of 6

1. Jay-Z

[Bintang] Jay Z
Jay Z memberikan beasiswa bagi para mahasiswa yang miliki prestasi di bidang kepemimpinan dan pelayanan komunitas. (grammy.com)

Jay-Z adalah salah satu investor utama dari pialang saham Robinhood. Startup ini juga diberi suntikan dana oleh rapper dan musisi hip-hop ternama lainnya yakni Snoop Dogg dan Nas.

Jay-Z sendiri adalah pemilik Roc Nation, platform digital entertainment yang juga sebagai venture capital atau pemberi modal usaha ke beberapa startup baru.

Salah satu yang dibantu pendanaan oleh Roc Nation adalah Promise, startup keuangan yang membantu mereka yang butuh bantuan dana jaminan untuk keluar dari penjara.

Jay-Z pun juga salah satu investor dari JetSmarter, aplikasi carter dan 'nebeng' pesawat pribadi.

3 of 6

2. Snoop Dogg

[Bintang] Snoop Dogg
Snoop Dog merilis sebuah video berjudul Lavender yang seakan mengejek Donald Trump. Lagi-lagi Donald Trump melampiaskan kemarahannya lewat Twitter. (MATT WINKELMEYER / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Snoop Dogg adalah salah satu pendiri Casa Verde Capital, sebuah venture capital yang berkonsep cukup unik.

Casa Verde merupakan pemberi modal usaha khusus startup berbasis mariyuana. Salah satu yang diberi investasi oleh Snoop Dogg dan kawan-kawan adalah Green Tank, perusahaan produsen rokok elektrik atau vape.

Dogg sendiri, di luar bendera Casa Verde, juga menjadi salah satu investor dari GameOn, chatbot paling tersohor di dunia baseball AS, serta Reddit, website konten berbasis diskusi pengguna.

4 of 6

3. P Diddy

Sean Diddy Combs
Sean Combs atau yang juga akrab disapa Diddy. (foto: pagesix.com)

Sean Combs atau lebih dikenal dengan P Diddy, sempat jadi investor di sebuah perusahaan media sosial photo-sharing bernama Pleek, yang ingin membuntuti langkah Instagram.

Pleek, yang merupakan aplikasi messaging tetapi memanfaatkan foto serta stiker yang berbasis di Paris, Prancis, kini sudah tak terdengar namanya.

5 of 6

4. Eminem

[Bintang] Eminem
Eminem sempat mencoba untuk bunuh diri dengan mengonsumsi Tylenol usai mantan kekasihnya Kim Scott mengakhiri hubungan mereka. (Scott Gries / Getty Images North America / AFP)

Eminem yang merupakan salah satu rapper papan atas dunia, ternyata juga salah satu investor dari Genius, ensiklopedia digital khusus musik yang diakses 100 juta orang tiap harinya di internet.

6 of 6

5. Drake

[Bintang] Drake
Pelantun lagu Hotline Bling ini mengejutkan penggemar pada 20 Januari lalu dengan mengeluarkan 2 single. (instagram/champagnepapi)

Salah satu rapper papan atas dunia saat ini, Drake, ternyata juga menggeluti dunia startup.

Hampir berbeda dengan yang lain karena selalu berbasis musik, Drake berinvestasi di Madefire, sebuah aplikasi komik dan buku digital yang memungkinkan adanya suara, dimensi dan juga gerakan di komik dan buku.

Aplikasi ini bahkan pernah mendapat penghargaan atas teknologinya, dan kini telah berhasil mengembangkan buku dan komik digital berbasis virtual reality.

Reporter: Indra Cahya

Sumber: Merdeka.com

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by