Sukses

'Pria Gila' Penganut Bumi Datar Akhirnya Sukses Terbangkan Roket

Setelah berkali-kali gagal, pria yang dijuluki dengan panggilan 'Mad Mike' ini berhasil menerbangkan roket miliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Masih ingat dengan Mike Hughes? Ya, pria berjuluk 'Mad Mike' ini sempat mencuri perhatian publik karena ia adalah seorang penganut teori Bumi Datar.

Ia bahkan sempat ingin membuktikan Bumi itu datar dengan menerbangkan roket. Sayang, persiapan penerbangan roket miliknya malah gagal total.

Namun setelah beberapa kali gagal, Mad Mike akhirnya sukses menerbangkan roket buatannya itu. Ia pun masih bersikeras berteori kalau peluncuran roketnya ini bisa membuktikan kalau Bumi itu tak bulat.

Bahkan, Mad Mike mengklaim dirinya ikut terbang di dalam roket buatannya. Ia mengungkap, peluncuran roket mengambil lokasi Gurun Mojave, California, Amerika Serikat.

Mad Mike bisa menerbangkan roket tersebut dalam ketinggian 572 meter. Sebelum mendarat ke Bumi, ia mengaku mengalami sedikit guncangan.

Sayangnya, selama ia terbang dengan roket, Mad Mike tidak membeberkan apakah Bumi benar-benar bulat atau datar. Ia malah berkelakar kalau Bumi ini memiliki bentuk seperti frisbee.

"Saya lelah karena banyak orang mengatakan saya penakut dan tidak bisa membuat roket. Buktinya saya bisa membuktikannya," ujar Mad Mike seperti dikutip dari CNET, Senin (26/3/2018).

Sayangnya, peluncuran roket ini tidak dapat memenuhi ekspektasi Mad Mike. Ia mengaku awalnya menargetkan peluncuran roket mendapatkan dorongan sebesar 350 psi, tetapi pada kenyataannya cuma mendapatkan 340 psi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Gagal

Mad Mike sempat gagal menerbangkan roketnya pada Februari 2018. Padahal, pria berusia 61 tahun tersebut rela menghamburkan uang (ratusan juta rupiah) hanya untuk membuktikan bahwa bumi itu datar.

Percobaan yang ia lakukan bukanlah kali pertama. Akhir 2017, Mad Mike sudah berencana meluncurkan roketnya untuk membuktikan sendiri bahwa bumi datar, namun selalu saja percobaannya mengalami hambatan.

Pada November 2017, ia mengaku didatangi petugas dari biro pertanahan dan dilarang menerbangkan roketnya di lokasi tersebut.

Pihak biro pertanahan setempat mengatakan bahwa Mike Hughes tidak menyelesaikan izin yang diperlukan untuk menyelenggarakan penerbangannya. Meski begitu Mike Hughes juga mengakui bahwa roketnya memang mengalami kesalahan teknis.

Roket yang dibangun Mike Hughes tidaklah seluruhnya berasal dari komponen baru, melainkan dari kumpulan komponen-komponen bekas. Pada tahun 2014, roket yang dibangun Mike Hughes sempat meluncur ke langit, namun menukik jatuh. Beruntung ia selamat.

3 dari 3 halaman

Emosional

Pada Februari 2018, Mad Mike juga mengalami kegagalan sehingga roketnya tidak jadi meluncur. Mike Hughes Gila pun sempat emosional saat harus menerangkan kegagalannya kepada reporter dan beberapa penggemarnya.

"Aku benci mengecewakan semua orang. Aku hanya satu orang, apa yang akan kau lakukan?," sambung Mike yang berambisi mempecundangi NASA.

Mad Mike berkata bahwa ia akan memeriksa kesalahannya, namun veteran bumi datar tersebut tidak bisa segera melakukannya karena ia harus datang ke pengadilan.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.