Sukses

Google Chrome Versi Baru Cegah Video Autoplay

Bila kamu sering diganggu oleh suara video yang bermain tiba-tiba di sebuah situs, sekarang Chrome menghadirkan solusi pencegahan lewat fitur terbarunya.

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini, mungkin kamu sering kaget atau kesal ketika mendadak ada suara datang dari earphone saat sedang menjelajah menggunakan Google Chrome.

Suara-suara asing tersebut biasanya datang dari video autoplay di sebuah tab yang kita buka.

Sekarang, Google Chrome menyiapkan fitur baru yang dapat mencegah video di sebuah situs untuk memainkan audio secara otomatis.

Dilansir dari Chromium Blog, Kamis (29/3/2018) dengan update terbaru di Google Chrome maka video di sebuah laman hanya akan langsung bermain secara otomatis apabila suaranya tidak ikut bermain pada saat yang sama (by default).

Suara dari video hanya akan bermain bila diklik langsung, atau bila sebelumnya pengunjung telah menunjukkan ketertarikan pada media di situs itu.

Berkat fitur ini, maka suara-suara video yang tidak mau kamu dengar bisa dicegah. Ini jelas memudahkan orang-orang yang hobi membuka banyak tab sekaligus, sehingga tidak perlu lagi memeriksa tab satu-satu untuk menemukan asal suara.

Sebelumnya, fitur ini direncanakan hadir untuk Google Chrome versi 64 pada Januari lalu sebelum akhirnya ditunda untuk Google Chrome versi 66. 

Untuk saat ini Google Chrome 66 masih dalam status Beta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

7 Fitur Google Chrome yang Patut Kamu Ketahui

Berikut daftar fitur di Google Chrome yang sayang bila kamu lewatkan. 

Fitur-fitur yang tersedia amatlah berguna, seperti menghitung kurs mata uang asing dan rupiah. Berikut daftarnya:

1. Gim Dinosaurus

Bagi kamu yang membuka laman web dan koneksinya terputus pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok T-Rex ini.

Akan tetapi, ada pengguna yang tidak mengetahui kalau kamu bisa main gim bergenre endless runner dengan T-Rex ini. Yang perlu kamu lakukan adalah tekan tombol spasi (space bar).

2. Pin Tab

Saat membuka banyak tab sekaligus, tandai tab yang tidak ingin ditutup dengan klik kanan, lalu pilih Pin Tab. Tab yang ditandai secara otomatis akan bergeser ke sebelah kiri.

3. Hemat Baterai

Jika ingin hemat baterai, korbankan sedikit performa. Buka Settings, cari bagian System dan klik tombol 'Continue running background apps when Google Chrome is closed'.

4. Multiprofil

Jika punya beberapa akun Google untuk kerja maupun pribadi, kamu bisa menyimpan bookmark dan browsing history setiap akun dengan membuat profil individu.

Langkahnya buka Setting > Manage People > Add Person. Fitur ini juga berguna jika komputer sering dipinjam.

5. Unduhan

Jika tidak ingin unduhan langsung masuk ke Desktop, buka Setting lalu ke menu Show Advanced Setting, klik Download untuk mengatur folder yang diinginkan.

3 dari 3 halaman

6. Kalkulator dan Kurs Mata Uang

Cukup ketik penghitungan yang diperlukan di kolom pencarian Google, lalu tekan Enter untuk kalkulator.

Sementara, untuk memilih perhitungan kurs mata uang, cukup ketik saja kedua mata uang tersebut di kotak pencarian.

Misal, ingin menghitung kurs mata uang Indonesia ke kurs Korea Selatan, maka tinggal tulis 'Rupiah to Won' dan kamu tinggal memasukkan jumlah uangnya.

7. Mencari Gmail dari omnibar

Pengguna bisa mencari kotak surat Gmail langsung dari omnibar. Caranya, buka Setting, Manage Search Engines, lalu cari laman yang diinginkan.

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.