DANA Optimistis Jadi Salah Satu Dompet Digital Terbesar di Indonesia

Oleh Andina Librianty pada 21 Mar 2018, 15:00 WIB
CEO Dana, Vincent Iswara

Liputan6.com, Jakarta - DANA memang masih "anak baru" di industri financial technology (fintech/teknologi finansial) Indonesia, dengan merilis versi beta layanannya pada hari ini, Rabu (21/3/2018).

Kendati demikian, DANA optimistis akan menduduki posisi tiga besar dompet digital di Tanah Air dan menumbuhkan transaksi nontunai.

"Kami ingin berada di posisi tiga besar dompet digital di Indonesia. Untuk mencapai target ini, kami memiliki berbagai persiapan mulai dari teknologi-teknologi baru hingga memperbanyak merchant mitra," ungka CEO DANA, Vincent Iswara dalam acara peluncuran veris beta DANA di kawasan Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Ia menjelaskan, DANA memiliki peluang besar untuk tumbuh, kendati harus menghadapi persaingan dari para kompetitornya. Terlebih lagi, pemerintah juga mendorong Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), sehingga ada peluang besar untuk mendorong lebih banyak masyarakat menggunakan nontunai sebagai alat transaksi.

Dari internal DANA sendiri, dompet digital ini akan memiliki serangkaian teknologi baru yang sedang disiapkan. Beberapa teknologi tersebut adalah QR code, serta pengenalan wajah dan gambar. Serangkaian teknologi baru itu disiapkan oleh tim DANA, yang sebagian besar terdiri dari bagian teknis.

"In-house kami, rasio engineer-nya sangat besar yaitu 70-80 persen itu adalah tim teknis dan ini menjadi salah satu yang membedakan kami dengan layanan lainnya. Ini baru awalnya (peluncuran versi beta), ada banyak hal lagi yang akan kami umumkan, termasuk banyak teknologi baru," ungkap Vincent.

Untuk QR code sendiri, Vincent mengaku DANA masih berdiskusi dengan pihak Bank Indonesia (BI), mengingat standarisasi mengenai transaksi penggunaan teknologi tersebut belum ditetapkan.

Namun ia memperkirakan QR code akan meluncur di DANA pada tahun ini. "Tapi dipastikan, layanan kami akan sesuai dengan standarisasi BI, kami terus berkomunikasi dengan BI," sambungnya.

Adapun DANA saat ini baru menjalani kerja sama dengan sekira 40 merchant, yang mempunya layanan online. Untuk tahap awal, kata Vincent, akan lebih mudah merilis DANA untuk masyarakat yang sudah terbiasa berbelanja online dengan layanan nontunai.

Vincent menegaskan, DANA akan terus menambah daftar merchant di Indonesia, termasuk pedagang offline seperti warung tradisional. Menurutnya, tidak ada standarisasi khusus untuk merchant yang ingin menggunakan layanan DANA.

"Selama mereka mau bekerjasama, kami terbuka karena kami adalah open platform. Kita berharap DANA akan semakin dikenal dan terintegrasi dimana-mana," ungkapnya.

2 of 2

Dompet Digital DANA Siap Dukung Transaksi Nontunai di Indonesia

Layanan Dana di BBM
Layanan Dana di BBM. Liputan6.com/Andina Librianty

DANA siap meramaikan industri finansial Indonesia. Layanan ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing masyarakat Indonesia dengan kemampuan transaksi nontunai.

Layanan ini didirikan untuk mengoptimalkan penggunaan nontunai dan turut mentransformasi masyarakat Indonesia menjadi masyarakat ekonomi digital, yang memiliki nilai tambah dan daya saing kuat.

"Visi kami adalah meningkatkan masyarakat nontunai di Indonesia, serta perekonomian dengan cara mempermudah transaksi secara online dan offline," tutur Vincent.

DANA memang bukan dompet digital pertama di Indonesia, tetapi dengan segala keunggulannya, layanan ini diyakini dapat menjadi pemain besar di Tanah Air.

Perbedaan utama DANA dengan layanan serupa yaitu memiliki konsep open platformOpen platform dalam hal ini maksudnya, DANA terintegrasi dengan berbagai mitra merchant.

"Konsep DANA yaitu kami open platform dan terintegrasi dengan merchant partner kami. Selain itu, ketika melakukan registrasi di satu merchant, maka akun DANA yang sama bisa digunakan di merchant lain, yang juga bermitra dengan DANA," jelasnya.

Sebagai langkah awal, DANA dalam versi beta akan tersedia di berbagai aplikasi, di antaranya BBM, Bukalapak dan Tix.ID. Ke depan, jaringan kemitraan DANA akan terus diperluas dan layanan yang disajikan juga kian beragam.

Sebagai langkah awal, DANA di BBM akan memberikan kemudahan kepada pengguna untuk membayar kebutuhan sehari-hari, mulai dari isi ulang pulsa prabayar, pembayaran air dan listrik, belanja online, serta cicilan di sejumlah perusahaan pembiayaan.

Bagi kamu yang menggunakan aplikasi BBM, layanan ini sudah tersedia di menu BBM Discover. Di sini, pengguna dapat bertranskasi lebih cepat dan mudah bagi pengguna Android dan iOS, tanpa harus keluar dari aplikasi BBM.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by