Sukses

Cara Mengetahui dan Blokir Aplikasi yang Mematai-matai Akun Facebook Kamu

Bagaimana caranya untuk mengetahui dan memblokir aplikasi yang 'melacak' kamu di Facebook? Intip caranya di sini,

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini Facebook menjadi sorotan, di mana perusahaan rintisan Mark Zuckerberg itu tersandung masalah terkait keamanan data.

Puluhan juta data pribadi pengguna Facebook disalahgunakan oleh perusahaan konsultan politik asal Inggris, Cambridge Analytica.

Diketahui, data-data tersebut didapat bukan dengan cara meretas akun Facebook pengguna, namun memanfaatkan kuis-kuis yang sering muncul di Facebook, seperti mengetahui jodoh, rezeki, termasuk tujuan wisata.

Meski tampak seru dan menyenangkan, banyak pengguna yang lupa ketika mereka mengunduh aplikasi atau login ke sebuah website menggunakan Facebook, mereka memberikan akses kepada perusahaan tersebut untuk 'mengintip' laman profil Facebook mereka.

Ini berarti profil pengguna yang menyertakan alamat email, nomor telepon, serta riwayat pekerjaan dan lokasi saat ini dapat diketahui dengan mudah.

Pengguna juga banyak yang tidak menyadari, jika membagikan data atau informasi itu kepada teman, maka aplikasi yang digunakan oleh teman-teman kamu pun bisa mengetahui informasi data tersebut.

Pengiklan, pengembang aplikasi Facebook, dan mitra teknologi iklan Facebook memang tidak dapat melihat nama, nomor telepon, atau perusahaan pengguna--karena Facebook mengenkripsi dan menganonimkan semua data untuk melindungi privasi--bukan berarti mereka tidak dapat memanfaatkan informasi data itu.

Disebutkan, data-data yang diperoleh dapat dijual secara massal kepada perusahaan yang ingin menargetkan dan melacak pengguna setia Facebook.

Lalu bagaimana caranya untuk memblokir aplikasi yang 'melacak' kamu di Facebook? Dilansir Science Alert, Jumat (11/5/2018), simak caranya berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Blokir Aplikasi yang Melacak Kamu di Facebook

1. Pertama yang harus kamu lakukan adalah klik simbol panah di sisi kanan atas laman Facebook kamu.

Tips Facebook. Liputan6.com/ Yuslianson

2. Setelah itu, akan muncul beberapa tab. Pilih Settings.

3. Masuk ke dalam Settings, kamu bisa pilih Apps untuk melanjutkan.

4. Di sini, kamu akan melihat berbagai aplikasi atau gim apa saja yang 'melacak' kamu lewat Facebook. Ternyata, ada 142 aplikasi yang terhubung dengan akun Facebook kami.

Pastikan untuk mengklik tombol "Show All" untuk melihat daftar lengkapnya. 

Tips Facebook. Liputan6.com/ Yuslianson

3 dari 3 halaman

Cek Aplikasi yang Terhubung dengan Akun Facebook

5. Usai memunculkan seluruh aplikasi yang terhubung dengan akun Facebook, kamu bisa klik salah satu aplikasi itu untuk memunculkan pilihan.

Di sini, kamu bisa mengedit 'izin' aplikasi atau menghapus aplikasi yang diinginkan sehingga tidak lagi terhubung dengan akun Facebook.

Tips Facebook. Liputan6.com/ Yuslianson

6. Selanjutnya, kamu bisa scroll ke bawah sedikit di laman Settings > Apps section untuk menemukan beberapa pilihan untuk membatasi pihak-pihak yang mengakses data kamu.

Ada dua pilihan yang di-highlight dalam tips ini, yaitu Game and App Notifications dan Apps Others Use.

Tips Facebook. Liputan6.com/ Yuslianson

Kamu bisa mematikan notifikasi gim dan aplikasi apa saja yang terhubung akun Facebook dengan mematikan fitur ini. Jangan khawatir, kamu masih tetap bisa login dan main gim.

7. Di bagian "Apps Other Use" kamu bisa melihat data-data apa saja yang bisa teman kamu lihat. Ini berarti data-data itu juga bisa dilihat oleh aplikasi yang teman kamu gunakan.

Tips Facebook. Liputan6.com/ Yuslianson

So, mudah bukan membatasi akses informasi data yang bisa 'diintip' oleh pihak-pihak yang tak dikenal.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.