Sukses

BBM Versi Baru Suguhkan Banyak Fitur Andalan, Apa Saja?

Pengguna BBM dapat menggunakan serangkaian fitur baru, seperti BBMoji, peningkatan dalam foto dan video dalam grup, berbagai kustomisasi dan masih banyak lagi.

Liputan6.com, Jakarta - BlackBerry Messenger (BBM) hadir dalam versi terbarunya untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Lewat versi baru BBM ini, pengguna bisa membuat dan saling berkirim BBMoji, pengiriman foto dan video dalam grup, dan kustomisasi lainnya.

Berikut adalah sejumlah pembaruan fitur BBM yang bisa dinikmati pengguna setelah memperbarui aplikasinya melalui Google Play Store dan App Store Apple.

1. BBMoji

BBM memiliki ribuan stiker statis dan animasi. Dengan versi terbaru BBM Messenger, kini pengguna bisa menjadi bagian dari dunia ini dengan BBMoji. BBMoji mngubah gambar pengguna menjadi stiker ekspresif dan lucu.

Pembuatan kartun pribadi dan emotikon animasi dapat dilakukan hanya dengan beberapa langkah. Pilih dari beragam bentuk ekspresi, yang sesuai dengan suasana hati pengguna, dan bagikan stiker yang telah dibuat saat mengobrol dengan teman di BBM.

Tampilan BBMoji di BBM (sumber: google play store)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Tampilkan Foto di Timeline dengan Tab Album Terbaru

Pengguna BBM kini bisa memiliki cara baru membagikan foto mereka lewat Tab Album baru.

Untuk melihatnya, pengguna bisa memperhatikan profil BBM, di mana album pengguna mengumpulkan semua foto yang pernah dibagikan di timeline BBM dalam satu tempat. Album ini bisa dilihat oleh semua orang dalam kontak pengguna.

Untuk membagikan Timeline pengguna, Tentang Pengguna, Postingan dan Album dengan orang di luar kontak pengguna, lalu setel Timeline ke Publik.

3 dari 5 halaman

3. Peningkatan dalam Berbagi Foto dan Video di Grup

Salah satu yang disempurnakan dalam update BBM terbaru adalah Grup. Dalam pembaruan ini, peningkatan dalam berbagi foto dan video di Grup membuatnya seperti video 1:1 dan obrolan dengan banyak orang untuk pengalaman yang lebih konsisten.

Adapun perbaikan yang dimaksud antara lain adalah kemampuan untuk menggeser video, di mana pengguna bisa menggeser ke kiri dan ke kanan untuk menelusuri video dan gambar.

Pengguna juga bisa melihat video di media grup, opsi ini terletak di bawah Media dalam Profil Grup. Fitur ini mengumpulkan semua foto dan video yang dibagi di grup di satu tempat.

Opsi baru untuk Grup juga meliputi tombol hapus, yang memungkinkan pengguna dapat menghapus berbagai video dari video viewer di Media dengan menekan "Hapus" di menu pada Android atau menekan ikon sampah pada iOS.

4 dari 5 halaman

4. Peningkatan Kustomisasi dan Berbagi

Pengguna BBM versi terbaru juga memiliki kemudahan mengkustomisasi. Pada BBM versi terbaru, pengguna bisa menemukan lebih banyak pilihan warna gelap yang baru untuk background chat.

BBM juga menghadirkan manajemen stiker baru, sehingga pengguna bisa menghapus paket stiker yang sudah tak lagi digunakan. Hal ini tentunya bisa menghemat memori dan mempermudah pengguna menemukan stiker yang sering digunakan.

Dari tab stiker, pengguna bisa menekan roda gigi, lalu pilih opsi "Edit" dan "Hapus".

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat berbagi dokumen PDF dari dalam dan luar BBM di perangkat iOS.

5 dari 5 halaman

5. Berbagai Fitur Lainnya

Dalam keterangannya, BBM menyebut, ada opsi baru untuk berbagi, meneruskan berbagi pesan, postingan foto, video, dengan berbagai kontak sekaligus.

Untuk meneruskan pesan misalnya, pengguna dapat menekan lama sebuah pesan, pilih "Teruskan" dan pilih penerima dari daftar kontak.

Selanjutnya, untuk menyiarkan pesan (broadcast), buat pesan broadcast, pilih ikon + dan pilih penerima dari daftar kontak.

Kemudian, berbagi postingan umpan dari Channel manapun, pilih "Share" di-post lalu pilih penerima dari daftar kontak pengguna.

Kemudian, untuk berbagi foto, klik gambar atau video pada Galeri di perangkat, klik "Share" dan BBM, lalu pilih penerima dari daftar kontak pengguna.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

https://www.vidio.com/watch/815922-wawancara-khusus-bersama-john-chen-executive-chairman-dan-ceo-blackberry

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini