Apple Berbagi Tips Gunakan Smartphone dan Internet untuk Keluarga

Oleh Andina Librianty pada 19 Mar 2018, 10:30 WIB
Diperbarui 19 Mar 2018, 10:30 WIB
apple-logo-130425b.jpg
Perbesar
Apple. (Doc: Bangapple)

Liputan6.com, Jakarta - Apple mengumumkan laman baru, Families, di situs web miliknya. Melalui laman tersebut, Apple memberikan sejumlah tips bagi orangtua agar anak-anak tetap aman saat menggunakan smartphone dan internet.

Dilansir Phone Arena, Senin (19/3/2018), bagian pertama dari laman itu menginformasikan cara agar anak-anak tidak membuka aplikasi, bermain gim dan melihat konten yang tidak sesuai dengan umurnya.

Salah satu contohnya, Apple merujuk pada bagian Kids di App Store. Bagian ini bisa digunakan orangtua untuk memilih rentang umur untuk aplikasi yang sesuai dengan anak-anak.

Apple juga mengatakan, orangtua tidak hanya bisa melarang anak mereka memasang aplikasi baru, tapi juga bisa menonaktifkan browser Safari pada perangkat iOS.

Selain itu, laman tersebut juga berisi pesan agar orangtua tidak harus selalu mengirim pesan kepada anak-anak untuk mengetahui keberadaan mereka. Berbekal fitur Find My Friend, orangtua bisa mengetahui lokasi anak-anak mereka berada.

Anggota keluarga juga bisa menggunakan Family Sharing untuk memiliki aplikasi, film acara TV, musik dan buku, yang sama pada perangkat mereka. Selain itu, juga bisa membuat album foto dengan kapasitas penyimpanan hingga 2TB dan bisa dibagikan kepada anggota keluarga.

Tips lain yang diberikan Apple adalah orangtua dan anak-anak bisa menggunakan mode Night Shift agar membuat layar iPhone dan iPad "menghangat" dengan menghilangkan cahaya biru, agar aktivitas istirahat tidak terganggu.

Untuk lebih lengkap, semua informasi yang berguna untuk keluarga ini, bisa di akses melalui laman https://www.apple.com/families/.

2 dari 3 halaman

Apple Sebar Undangan WWDC 2018

Toko Apple di Valencia, Spanyol
Perbesar
Sebuah Apple Store di Valencia, Spanyol.

Apple sedang sibuk menyiapkan acara Worldwide Developer Conference (WWDC). Seperti sebelumnya, Apple dipastikan kembali menggelar WWDC pada tahun ini.

Apple juga telah mengumumkan jadwal gelaran WWDC ke-29 ini. WWDC 2018 akan digelar mulai 4 - 8 Juni di McEnery Convention Center, California, Amerika Serikat (AS).

Perusahaan sudah membuka pendaftaran bagi pengembang yang tertarik mengikuti acara itu. Kendati demikian, tidak semua pendaftar dapat mengikuti gelaran ini. Apple dilaporkan akan mengacak pendaftar yang dapat menghadiri acara tersebut.

Pendaftar yang terpilih, nantinya diharuskan membayar US$ 1.599 atau sekitar Rp 21 juta. Pendaftaran untuk pengembang akan dibuka mulai 22 Maret 2018 pukul 10.00, waktu AS.

 

3 dari 3 halaman

Sekilas WWDC

Apple Park
Perbesar
Penampakan wajah Apple Park dari drone. (Foto: Storyful)

WWDC 2017 sendiri dihelat pada 5-9 Juni 2017. Salah satu yang menjadi sorotan pengunjung pada saat itu adalah iOS.

Kala itu, tema besar yang diangkat waktu meliputi pengembangan ide dan pengalaman pengguna, bersamaan dengan teknologi.

"Teknologi saja tidak cukup, tapi harus berdampingan dengan unsur pengetahuan budaya dan kemanusiaan, agar dapat menciptakan ide baru dan pengalaman yang dapat memaksimalkan potensi masyarakat," tulis Apple dalam undangan WWDC.

Untuk tahun ini, Apple diyakini juga akan mengumumkan berbagai inovasi terbarunya di WWDC 2018.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓