Sukses

Sering Berbagi Internet di Android? Begini Triknya Biar Lebih Hemat

Berikut ini cara mudah untuk menghemat internet saat sering berbagi internet melalui perangkat Android.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu fitur yang sangat membantu di perangkat Android adalah tethering. Dengan fitur ini, perangkat Android dapat berbagi internet atau menjadi wifi hotspot portabel bagi perangkat lain.

Cara ini tentu sangat membantu bagi sebagian orang, jika memang dalam kondisi tertentu sedang tak memiliki paket internet. Namun, bagi perangkat yang menyediakan tethering tentu akan menyebalkan jika kuota internetnya dipakai terus-menerus.

Beruntung, sebenarnya ada fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kemampuan agar kuota internetnya tak kebobolan saat melakukan tethering. Karena itu, simak cara mudah mengatur tethering.

1. Aktifkan Power Save

Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk mengatur durasi perangkat menyediakan internet. Untuk mengaksesnya, kamu pun cukup membuka pengaturan langsung di perangkat.

Pertama, buka Setting dan pilih 'Tethering & portable hotspot'. Setelah itu, pilih menu 'Portable Wi-Fi hotspot settings'. Terakhir, buka 'Power save' dan pilih durasi waktu yang diinginkan.

Sekadar informasi, tampilan ini dapat berbeda-beda tergantung dari vendor smartphone. Namun, pada dasarnya, tiap langkah pengaturan tiap perangkat sebenarnya sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Atur Batasan Kuota Internet

Setelah mengatur pengaturan 'Power save', kamu dapat beralih untuk membatasi kuota internet yang terpakai. Langkah pertama, buka menu 'Settings', lalu pilih 'Data Usage' dan aktifkan 'Set mobile data limit'.

Begitu aktif, kamu dapat menentukan batas kuota internet yang dapat digunakan. Dengan cara ini, saat pemakaian data sudah mencapai batas, koneksi internet akan secara otomatis terputus dan notifikasi peringatan akan muncul.

(Dam/Ysl)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.