5 Negara Paling Aman untuk Dihuni dari Pemanasan Global

Oleh Liputan6.com pada 15 Mar 2018, 20:12 WIB
Diperbarui 15 Mar 2018, 20:12 WIB
Perubahan iklim
Perbesar
Ilustrasi: akibat perubahan iklim dan pemanasan global (sumber: wisdominnature.org)

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah kamu? Pemanasan global berdampak membawa perubahan besar bagi kehidupan Bumi? Ya, perubahan suhu ini bisa menyebabkan anomali cuaca, beberapa di antaranya seperti badai, topan, dan masih banyak lagi.

Karena itu, sebuah negara harus siap menghadapi bencana yang disebabkan oleh pemanasan global. Dikutip dari Iflscience, Kamis (15/3/2018), Universitas Norte Darme membuat sebuah indeks penilaian tentang kesiapan negara-negara untuk menghadapi pemanasan global.

Indeks dengan nama Norte Dame Global Adaptation Initiative (ND-GAIN) ini tidak hanya menilai kesiapan, tapi juga kerentanan terhadap pemananan global. ND-GAIN menilai kesiapan sebuah negara dari infrastruktur, suplai makanan, kapabilitas teknologi, dan masih banyak lagi.

Negara apa saja yang paling siap dan aman dihuni saat pemanasan global kian merajalela? Berikut daftarnya.

2 dari 5 halaman

Denmark

Detik-Detik Kapal Nelayan Tabrak Jembatan di Denmark
Perbesar
Sebuah kapal nelayan menabrak Jembatan Anggersudn di perairan dingin di Limfjord di bagian utara Jutland di Denmark (28/2). Tiga awak kapal berhasil diselamatkan sebuah helikopter atas kejadian tersebut. (AFP Photo/Scanpic Denmark/Henning Bagger)

Negara ini memperoleh peringkat satu dalam ranking ND-GAIN sejak tahun 2002 sampai 2015. Hal ini dipengaruhi oleh kesiapan negara tersebut. Denmark memperoleh skor kesiapan sebesar 0,856 dari 1.

3 dari 5 halaman

Selandia Baru

Pink in nature (7)
Perbesar
Undakan Danau Rotomahana. (Sumber (Wikimedia Commons/Auckland Art Gallery/Charles Blomfield (1848–1926))

Selandia Baru berada pada posisi kedua dengan skor 0.885 dari 1. Inovasi Selandia Baru tergolong tinggi yang mencapai skor 1. Hal ini berarti Selandia Baru siap menghadapi pemanasan global dengan inovasi terbaru.

4 dari 5 halaman

Norwegia

Kota Oslo
Perbesar
Kota Oslo, Norwegia (iStockphoto)

Sama dengan Denmark, Norwegia tergolong siap untuk menghadapi pemanasan global. Banyak peraturan yang membatasi emisi gas buang.

Negara ini memperoleh skor kesiapan sebesar 0,844 dari 1. Skor pendidikan mencapai angka 1 yang berarti bahwa warga Selandia Baru sudah belajar bagaimana cara menangani pemanasan global.

Singapura, Kota termahal di dunia (via: www.cbsnews.com)
Perbesar
Singapura, Kota termahal di dunia (via: www.cbsnews.com)

Satu-satunya negara Asia dalam 5 peringkat ini membuktikan kesiapan Singapura dalam menghadapi pemanasan global.

Negara yang terkenal dengan peraturan soal sampah ini mendapat skor 0,877 dari 1. Singapura siap menghadapi dengan kekuatan ekonomi yang kuat dengan skor 0,942 dari 1.

5 dari 5 halaman

Inggris

Debu Sahara Bikin Langit di London Memerah
Perbesar
Sebuah pesawat melintas di atas gedung pencakar langit The Shard di pusat kota London, Senin (16/10). Beberapa area menunjukkan langit di London berubah warna menjadi kemerahan, kekuningan, bahkan ada yang kecokelatan. (Dominic Lipinski/PA via AP)

Inggris menempati posisi ke-5 dengan skor 0,783 dari 1. Negara ini menempati posisi 5 dari 2013-2015. Selama tiga tahun ini, Inggris masih dianggap mampu untuk menghadapi pemanasan global.

Reporter: Laksa Mahardikengrat

Sumber: Brilio.net

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓